CewekBanget.ID - Masa liburan akhir tahun memang selalu menyenangkan ya, girls.
Enggak hanya libur panjangnya, tetapi menjelang pergantian tahun, merenungkan apa yang sudah terjadi sepanjang tahun 2020 seperti karier bahkan keuangan jadi momen tepat.
Meski saat ini kita masih bekerja dari rumah, kita perlu persiapan matang apabila kita dapat kembali bekerja di kantor nantinya, seandainya pandemi sudah mereda.
Ada sejumlah tips terkait persiapan yang bisa dicoba untuk kelangsungan karier kita di tahun 2021 nih, di mana pun kita sedang atau akan bekerja.
Baca Juga: 10 Pertanyaan Ini Bisa Kita Ajukan Saat Wawancara Kerja! Coba Deh!
Membersihkan Ruang Kerja
Biasanya akhir tahun dipakai untuk merapikan meja kerja di kantor, jadi hal yang sama bisa dilakukan untuk ruang kerja kita di rumah.
Bersihkan laci, buang dokumen lama, atau singkirkan buku yang enggak lagi kita perlukan, lalu lakukan audit atas persiapan kita dan pikirkan apa yang membuat ruang kerja lebih efisien dan nyaman.
Perhatikan ukuran meja dan kursi, misalnya, jika belum sesuai dengan keinginan kita; atau memastikan pencahayaan ruangan sudah baik dan ruangan yang digunakan untuk bekerja sudah nyaman bagi kita.
Serahkan juga segala pengeluaran kantor yang perlu kita ajukan sebelum akhir Desember.
Membersihkan ruang kerja jadi salah satu hal yang paling direkomendasikan karena ruangan yang bersih bisa bikin kita makin semangat bekerja!
Tetapkan Tujuan Karier
Setelah ruangan kerja bersih, kita memiliki ruang untuk memikirkan karier kita di tahun 2021 dan seterusnya.
Dengan melihat pasar kerja dan dampak pandemi pada lini pekerjaan, pikirkan apakah kita bisa memperoleh pekerjaan baru, menegosiasikan kenaikan gaji, jabatan, atau mendapat bonus dari kinerja kita.
Kita bisa nih, membicarakan soal ini dengan atasan kita.
Bisa jadi kita pengin mendapatkan sertifikasi dalam keterampilan baru atau memulai proyek baru, lantas mintalah masukan dari atasan tentang apa yang perlu kita lakukan agar bisa naik ke tahap berikutnya.
Baca Juga: 10 Tips untuk Beresin Media Sosial Kita Saat Melamar Pekerjaan!
Perbarui Resume dan Bangun Koneksi
Tambahkan pencapaian besar yang kita dapat ke dalam resume, tentunya yang dapat diukur dan angkanya jelas untuk menunjukkan dampak.
Selain itu, penelitian dari Yale School of Management menunjukkan bahwa interaksi yang terbatas selama pandemi menurunkan kesempatan kita membangun jaringan sosial sebesar 17%.
Orang cenderung berinteraksi dengan kolega terdekat setiap hari sehingga melewatkan kesempatan untuk bertemu orang baru dan berkolaborasi dengan orang-orang dari departemen berbeda.
Akhir tahun adalah kesempatan untuk menjangkau orang-orang di kantor atau organisasi yang pernah kita temui, tetapi mungkin kita enggak mendengar kabar mereka beberapa bulan terakhir, misalnya dengan memberi ucapan terima kasih atas bantuan mereka dalam sebuah proyek, atau mendoakan mereka selama liburan.
Susun Rencana Kembali ke Kantor
Jika atasan meminta kita kembali bekerja di kantor suatu saat, mulailah memikirkan apa yang sudah kita pelajari tentang gaya kerja kita dari rumah.
Ide baru yang kita berikan saat kembali bekerja sangat dibutuhkan, lho.
Kita dapat menyampaikan ide kepada atasan jika kita pengin bekerja remote secara penuh atau setengah-setengah.
Pertimbangkan semua cara yang kita punya guna menyesuaikan dan membangun alasan untuk menguatkan argumen kita bekerja di rumah.
Dengan diskusi lebih awal, kita dapat membicarakan keraguan atau kebutuhan apa pun yang perlu diselesaikan.
(*)
Baca Juga: Google for Indonesia 2020: Fokus Bantu UMKM Hingga Pencari Kerja di Tengah Pandemi!
Penulis | : | Salsabila Putri Pertiwi |
Editor | : | Kinanti Nuke Mahardini |
KOMENTAR