Posko pengaduan Ujian Nasional (UN) Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemdikbud) pada Senin (13/1) menerima 3 laporan terkait masalah UN berbasis komputer (CBT).
Baca juga: Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Ujian Nasional Berbasis Komputer
Masalah teknis server
Berdasarkan laporan Posko UN Itjen pada Senin (13/1), masalah pertama adalah keterlambatan sinkronisasi antara server dan lokal. Masalah ini terjadi di SMK Muhammadiyah 1 Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sinkronisasi yang dijadwalkan pada hari Sabtu baru bisa dilakukan pada hari Minggu, (12/04/2015).
Masalah listrik
Masalah kedua adalah mati lampu di Kecamatan Abepura, Jayapura, Papua. Mati lampu selama 15 menit, menyebabkan keterlambatan koneksi jaringan ulang selama 30 menit. Hal ini menyebabkan penyesuaian jadwal bagi peserta UN untuk siswa sekolah di Abepura.
Masalah log in
Masalah ketiga ditemukan di SMKN 1 Bandung, Jawa Barat. Di sekolah ini peserta tidak bisa log in pada sesi 1 mata ujian Bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan dua ruangan gagal UN. Pelaksanaan UN dilakukan di sela-sela antara sesi 2 dan sesi 3 dengan pengunduran waktu selama 30 menit.
Kemdikbud membentuk Posko Pengaduan UN untuk mempermudah dan mengawasi pelaksanaan UN. Posko tersebut di antaranya Posko Itjen Kemdikbud, Posko PIH, Posko Puspendik, dan Posko BSNP.
Baca juga: Jawaban Soal Ujian Matematika Siswa Singapura Yang Menghebohkan
(fahdi fahlevi/tribunnews.com, foto: ferganata indra riatmoko/kompas.com)
Penulis | : | Natasha Erika |
Editor | : | Natasha Erika |
KOMENTAR