Grid.ID Networks | Rabu, 18 Oktober 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Saatnya Bangga Dengan Warna Kulitmu! Kenapa tidak?

  • Jumat, 18 Agustus 2017 16:54 WIB

#BanggaDenganWarnaKulitmu | foto: dok. Clean & Clear

Setiap manusia terlahir berbeda. Bahkan, untuk kita yang lahir dan tinggal di Indonesia saja–yang dikenal memiliki 17 ribu pulau dan lebih dari 300 suku bangsa, pastinya memiliki penampilan fisik yang berbeda, termasuk dalam hal warna kulit. Seringkali, kita yang memiliki warna kulit sawo matang atau gelap cenderung merasa kurang percaya diri. Padahal sebenarnya setiap warna kulit itu cantik. Karena itu, yuk #BanggaDenganWarnaKulitmu.

Beauty of Diversity

Umumnya, perempuan Indonesia memiliki kulit berwarna kuning langsat dan sawo matang  serta ada pula yang berkulit hitam manis. Namun, seringkali kita merasa enggak percaya diri karena warna kulit yang cenderung gelap, terlebih adanya persepsi salah di masyarakat yang menyebutkan bahwa cantik itu berkulit putih.

Kenyataannya, meskipun kita memiliki kulit gelap, bukan berarti kita tidak bisa terlihat cantik. Kulit gelap juga tidak menghalangi kita untuk berekspresi, misalnya dalam memilih warna makeup yang sesuai dengan kepribadian kita. Yang terpenting adalah, kita merasa percaya diri dan menerima bahwa warna kulit apa pun bisa terlihat cantik, cerah (bright), menarik, dan yang terpenting tetap bersih.

Menjaga Kesehatan Kulit

Apa pun warna kulit yang dimiliki, kita bisa tampil flawless dan glowing, lho. Termasuk untuk yang berkulit putih, kuning langsat, sawo matang, atau gelap. Rahasianya adalah harus rajin merawat kesehatan kulit.

Misalnya dengan memilih pembersih wajah yang tepat, rutin menggunakan sun screen saat akan beraktivitas di luar ruangan, menjaga nutrisi kulit agar selalu lembap, dan menjaga pola makan serta menghindari makanan yang bisa mengancam kesehatan kulit wajah.

Merdeka dari Rasa Minder

Nah, dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, ini bisa jadi momen yang tepat bagi kita semua untuk ‘merdeka’ dari rasa minder. Termasuk minder kalau memiliki warna kulit yang berbeda dengan teman-teman, juga merdeka dari anggapan bahwa cantik itu harus selalu berkulit putih. Indonesia terdiri dari beragam suku dan etnis, dan setiap suku atau etnis ini memiliki ciri khas berbeda sehingga perbedaan ini seharusnya menjadi kebanggaan buat kita semua. 

#BanggaDenganWarnaKulitmu

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×