Waspada, Makan Satu Iris Daging Aja Bisa Menyebabkan Kanker Usus Besar!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Minggu, 28 April 2019 | 19:50 WIB
Daging (foto : stylecaster.com)

CewekBanget.ID - Daging merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita konsumsi setiap hari.

Daging jadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa karena merupakan sumber protein tinggi dan berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Tapi, tahukah kamu, kalau mengonsumsi daging enggak bisa sering-sering lho!

Dilansir CNN melalui Intisari Online, sebuah studi menunjukkan kalau makan satu iris daging aja setiap hari bisa meningkatkan risiko kita terkena kanker kolorektal atau kanker usus besar lebih besar!

Baca Juga : Ada yang Bermakna Vulgar, 6 Emoji yang Sering Kita pakai Ini Punya Makna Bertolak Belakang di Negara Lain!

Orang yang mengonsumsi 76 gram daging merah dan olahan per hari memiliki peluang 20% ​​lebih tinggi terkena kanker usus besar dibandingkan dengan orang lain yang hanya mengonsumsi daging sekitar 21 gram sehari.

Studi tersebut juga menemukan bahwa daging olahan kayak sosis atau bacon bisa menyebabkan risiko terkena kanker usus lebih besar daripada daging merah biasa.

Risikonya bisa naik 20% dengan setiap 25 gram daging olahan (kira-kira setara dengan irisan tipis bacon) yang dimakan orang per hari, dan sebesar 19% dengan setiap 50 gram daging merah (sepotong daging sapi panggang tebal atau sedikit potongan daging domba yang bisa dimakan).

"Daging olahan yang jumlahnya sedikit sepertinya memiliki efek yang sama dengan daging merah berjumlah besar," ungkap profesor Tim Key dari Universitas Oxford.