Aktif di Media Sosial Mengganggu Kesehatan Mental? Ini Penjelasannya!

By Istihanah, Minggu, 12 Mei 2019 | 14:00 WIB
Foto : Allkpop ()

Cewekbanget.ID - Sebuah kebiasaan pasti memiliki sisi baik dan buruk, apalagi jika terlalu sering dilakukan. Bermain media sosial, salah satunya.

American Academy of Pediatrics telah mewanti-wanti bahwa media sosial memiliki dampak buruk bagi kesehatan mental khususnya bagi kesehatan mental para remaja.

Apa saja dampaknya? Berikut 4 penjelasannya!

Baca Juga : Resep Tahu Kipas Enak Ala Restoran untuk Buka Puasa di Rumah!

Kecanduan

Terlalu sering main media sosial dapat membuat kita kecanduan. Walaupun tidak semua orang akan otomatis kecanduan, tetapi hal ini perlu kita waspada girls.

Hingga hari ini, para peneliti juga masih terus mencari tahu proses perubahan perilaku seseorang ketika main media sosial.

Selain itu, sebuah penelitian dari Nottingham Trent University berusaha mengamati efek media sosial dari sisi perilaku penggunanya.

Singkatnya, peneliti menyimpulkan bahwa seseorang dikatakan kecanduan main media sosial bila mereka sudah sampai tahap mengabaikan kepentingan pribadi, keasyikan untuk terus scrolling, memberikan rasa senang sesaat, dan bahkan mereka jadi kehilangan minat untuk bergaul dalam dunia nyata.

Sejumlah 6 dari 10 orang yang main media sosial rata-rata menjadi kecanduan dan tak tahan untuk tidak membuka media sosialnya setiap waktu.

Baca Juga : Bikin Sendiri Puding Susu Oreo di Rumah untuk Buka Puasa, Yuk!

Bikin Sedih