Cemas Berlebihan Bikin Kesehatan Tubuh Ngalamin 7 Efek Ini Lho!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 26 Mei 2020 | 10:10 WIB
Film 'Tune In For Love' (Drama) (foto : hancinema)

CewekBanget.ID - Kondisi yang enggak menentu di tengah pandemi serta berbagai persoalan lainnya mungkin dapat menyebabkan kecemasan pada diri kita.

Hal itu wajar kok girls, tapi waspadai kalau perasaan cemas kita sudah berlebihan, ya.

Sebab, rasa cemas berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek buruk bagi kondisi kesehatan tubuh.

Kalau kita merasakan kecemasan berlebihan yang mengganggu aktivitas, segera konsultasi ke psikolog atau dokter, ya.

Baca Juga: Olahraga & 5 Tips Atasi Rasa Cemas Karena Penyebaran Virus Corona!

Tentang Kecemasan

stres

Kecemasan merupakan suatu istilah untuk menggambarkan kondisi terhadap adanya gangguan psikologis manusia dan bisa dialami oleh siapa saja jika sedang dalam kondisi enggak stabil, baik secara emosi maupun suasana hati.

Penyebab munculnya kecemasan memang enggak bisa diprediksi secara pasti, bisa jadi dari berbagai kombinasi dan faktor-faktor emosi seseorang.

Tapi salah satu penyebabnya adalah gagalnya saraf-saraf otak untuk mengontrol emosi dan rasa takut yang kemudian dapat mengubah alur komunikasi sel-sel saraf dalam sirkuit otak.

Setiap orang yang mengalami kecemasan harus bisa mengendalikan diri untuk mengembalikan emosi menjadi stabil kembali, sebab jika rasa cemas terus meningkat hingga berlebihan bahkan menimbulkan rasa takut, kecemasan justru dapat mengganggu kesehatan kita.

Kecemasan dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental serta bisa berlangsung dalam waktu jangka pendek dan jangka panjang.