Jarang Diketahui, Keberagaman Gender di Tempat Kerja Ternyata Dapat Meningkatkan Produktivitas, lho!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 18 Agustus 2020 | 21:15 WIB
Ilustrasi bekerja kelompok (glasscubes.com)

CewekBanget.ID - Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization atau ILO) bersama Investing Women, Koalisi Bisnis untuk Pemberdayaan Perempuan (IBCWE), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menerbitkan laporan penelitian mengenai pentingnya keberagaman gender di tempat kerja di Indonesia.

Dalam laporan bertajuk 'Melangkah Menuju Keberhasilan: Keberhasilan Bisnis untuk Perempuan dalam Bisnis dan Manajemen di Indonesia' tersebut, ditemukan bahwa keberagaman gender di tempat kerja telah membantu berbagai perusahaan Indonesia meningkatkan hasil usaha mereka.

Hal itu juga mendorong peningkatan laba dan produktivitas bagi perusahaan. 

Enggak percaya? Berikut sejumlah fakta menarik tentang keberagaman gender dan produktivitas di tempat kerja yang wajib kita tahu: 

Baca Juga: Krisis Pekerjaan Makin Buruk karena Pandemi, ILO Ingatkan Ketidakpastian Pemulihan Pasar Kerja!

Ketimpangan Gender di Tempat Kerja

ilustrasi kerja

Dalam acara 'Indonesian Women in Business and Management: The Business Case for Workplace Gender Equality' pada Rabu 19 Agustus 2020, dilakukan kajian dan pembahasan atas temuan-temuan utama dari kajian Indonesia.

Penemuan tersebut mengungkapkan pengakuan bahwa perempuan Indonesia melampaui laki-laki dalam hal pencapaian pendidikan dan memperluas ketererampilan mereka dalam bidang disiplin STEM.