Teh Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh Kita, Mitos atau Fakta Nih?

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 28 September 2020 | 20:34 WIB
Cara Tingkatkan Sistem Imun untuk Cegah Virus Corona (thailandmedical.news)

CewekBanget.ID - Di masa pandemi, pembahasan mengenai sistem imun tubuh jadi semakin penting untuk dipahami demi menghindari berbagai virus penyakit, termasuk virus corona.

Banyak orang kemudian mencari cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, mulai dari minum suplemen vitamin C, mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, makan sayuran, dan sebagainya.

Tapi sebetulnya hal itu benar memengaruhi imunitas tubuh enggak sih, girls? Apa lagi mitos dan fakta mengenai imunitas tubuh yang mungkin belum kita ketahui? 

Baca Juga: Sistem Imun Kuat, Ini 5 Khasiat dari Rutin Minum Madu & Air Hangat di Pagi Hari!

Vitamin C Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh?

Jus vitamin C

Enggak salah, vitamin C memang memegang peranan penting pada fungsi imun.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Nutrients tahun 2017 menuliskan kalau vitamin C membantu semuanya, mulai dari membunuh mikroba, sampai membersihkan sel imun yang terpakai.

Namun menurut Harvard Health, mengonsumsi vitamin C dosis tinggi enggak memberikan manfaat baik untuk mencegah kita dari demam, lho.

Konsumsi vitamin C dosis tinggi bukan cara yang tepat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Menurut ahli, cara terbaik adalah mengonsumsi makanan utuh, terutama sayuran hijau.

Mengelola level vitamin C dalam pola makan dapat membantu menjaga sistem imun tubuh lebih baik daripada langsung meminum dosis vitamin C dalam jumlah tinggi.