Sering Begadang Dapat Menimbulkan 7 Perubahan Ini Pada Tubuh!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 5 November 2020 | 15:20 WIB
Begadang (metro.co.uk)

CewekBanget.ID - Begadang alias terjaga hingga larut malam mungkin sering kita lakukan di hari-hari tertentu.

Namun, bagi sebagian orang, kebiasaan begadang bisa berlangsung rutin hingga sebulan penuh atau mungkin lebih.

Alasan begadang setiap orang bisa berbeda-beda, tapi jika kebiasaan itu dibiarkan dalam jangka panjang, ternyata ada sejumlah perubahan yang akan terjadi pada tubuh.

Baca Juga: Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan, Kata Ahli: Cuma Mitos!

Tubuh Akan Menyesuaikan Diri

Menurut para peneliti, durasi tidur bukanlah satu-satunya faktor penting, sebab konsistensi juga berpengaruh tanpa kita sadari.

Jika kita tidur dan bangun pada waktu yang sama selama sebulan, asalkan kualitas dan durasi tidurnya cukup baik, kemungkinan besar kita enggak akan menderita terlalu banyak masalah kesehatan karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut.

Sebagian dari kita mungkin meyakini bahwa begadang bukanlah kebiasaan yang baik, namun ternyata, jika dilakukan secara konsisten, tidur larut ternyata enggak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Intinya, jangan hanya begadang di hari-hari tertentu, seperti akhir pekan, karena itu akan mengacaukan ritme sirkadian atau siklus hormonal di mana tubuh menentukan kapan tidur dan terjaga.

Menariknya, begadang selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan lebih baik daripada begadang hanya di akhir pekan, karena tubuh menyukai konsistensi.

Rentang Waktu Tidur Ideal Lebih Luas dari Dugaan Kita

 

Tidur di dekat handphone