Google for Indonesia 2020: Fokus Bantu UMKM Hingga Pencari Kerja di Tengah Pandemi!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Rabu, 18 November 2020 | 13:44 WIB
Google for Indonesia 2020 (youtube.com)

CewekBanget.ID - Google for Indonesia kembali digelar untuk yang kelima kalinya.

Google for Indonesia tahun ini terasa lebih 'spesial' karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih belum mereda.

Melihat berbagai situasi sulit yang dihadapi berbagai sektor, khususnya ekonomi dan pendidikan, Google berkomitmen untuk turut andil dalam upaya membantu sektor-sektor tersebut supaya bisa bangkit kembali.

Hari Rabu (18/11/2020) ini, Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Pinjaman modal sebesar US$10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah.

Enggak cuma itu, US$1 juta akan diberikan lewat Google.org kepada Plan International untuk melawan pengangguran anak muda di Indonesia.

Baca Juga: Iiih! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kalau Enggak Sengaja Makan Kecoa!

Google for Indonesia 2020 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo membuka Google for Indonesia pada hari Rabu (18/11/2020)

Presiden Jokowi menyambut baik berbagai inisiatif yang diberikan oleh Google ini.

"Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas, bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju," ujar Presiden Jokowi.

Bantuan hingga US$ 10 juta untuk UMKM

Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia.

"Kami menyambut baik dan sampaikan apresiasi kepada Google yang selama ini telah mendukung pemerintah dalam melaksanakan dua agenda tersebut, khususnya dengan pelatihan digital dan bantuan pembiayaan berbunga rendah senilai 10 juta dolar kepada UMKM,” ucap Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Dengan adanya inisiatif dari Google ini, diharapkan UMKM dan tenaga kerja produktif Indonesia bisa terbantu dan terus beraktivitas di tengah pandemi unuk meningkatkan keahlian digital.