Kepoin Sejarah Hari HAM Sedunia dan Tema 2020 'Recover Better'!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 10 Desember 2020 | 19:19 WIB
Ilustrasi kerjasama (cleanfax.com)

CewekBanget.ID - Tanggal 10 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai International Human Rights Day atau Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Tanggal peringatan yang ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) ini dipilih karena bertepatan dengan hari ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948.

Di tahun 2020 ini, Hari HAM Sedunia mengusung tema 'Recover Better'.

Yuk, kepoin sejarah hari peringatan ini dan makna di balik tema yang diusung tahun ini!

Baca Juga: 5 Hal Tentang Permintaan LPDP Pada Veronica Koman untuk Mengembalikan Dana Beasiswa 773 Juta Rupiah

Sejarah Hari HAM Sedunia

Logo Hari HAM Sedunia

Melansir situs resmi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), tanggal 10 Desember dipilih sebagai Hari HAM karena bertepatan dengan hari ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Universal Declaration of Human Rights (UDHR) atau Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948.

UDHR merupakan dokumen tonggak sejarah yang menyatakan hak-hak setiap orang sebagai manusia enggak dapat dicabut, tanpa memandang ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan sebagainya.

Dokumen tersebut hingga kini telah diterjemahkan dalam lebih dari 500 bahasa, dan menjadi dokumen yang paling banyak diterjemahkan di dunia.

Britanica menuliskan, penetapan Hari HAM Sedunia dilakukan dalam sidang paripurna Majelis Umum PBB tanggal 4 Desember 1950.

Baca Juga: HAKTP 2020: Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat Selama Pandemi