Mirip Love Language, Ini yang Harus Kita Tahu Tentang Apology Language

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 7 Februari 2021 | 19:20 WIB
Drama 'A Love So Beautiful' (foto : KakaoTV via Hancinema)

CewekBanget.ID - Kita pasti pernah mendengar konsep love language atau 'bahasa cinta', tapi pernahkah kita mendengar tentang apology language (bahasa permintaan maaf)?

Mirip dengan konsep love language, bahasa permintaan maaf alias apology language adalah bagaimana kita memberikan dan menerima kata-kata permintaan maaf.

Kita mungkin enggak benar-benar pernah memikirkan hal ini sebelumnya, tapi cara kita meminta maaf kepada orang-orang terdekat sebenarnya sungguh penting untuk dipertimbangkan.

Terutama karena semua orang membutuhkan sesuatu yang berbeda agar bisa move on dari argumen.

Pasalnya, manusia terhubung secara berbeda.

Barangkali bagi kita sudah cukup untuk mendengar kalimat, "Aku minta maaf ya, kamu yang benar," setelah bertengkar.

Namun untuk orang lain, kata-kata seperti itu bisa terasa 'kosong' dan dianggap cara yang dangkal untuk menyelesaikan konflik.

Makanya, simak penjelasan mengenai apology language dan alasan pentingnya kita mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, yuk!

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, 11 Januari 2021: Pisces Jangan Malu Buat Minta Maaf, Ya!

 

Apology Languages

Apology languages dikenal setelah Gary Chapman, PhD, menulisnya dalam buku 'The Five Languages of Apology' bersama Jennifer Thomas; dia juga yang menulis 'The Five Love Languages.'

Pada dasarnya Gary mengatakan bahwa love languages adalah cara kita memberitahu atau menunjukkan seseorang bahwa kita mencintainya, dan apology languages adalah cara kita menyampaikan atau menunjukkan maaf.