Enggak Boleh Terlalu Sering, Berapa Kali Sebaiknya Kita Mandi?

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 28 Februari 2021 | 11:40 WIB
Mandi (rd.com)

CewekBanget.ID - Kita mungkin sering merasa tubuh kita kotor atau takut terpapar bakteri dan kuman pembawa penyakit setelah beraktivitas seharian, terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Atau jangan-jangan malah sebaliknya; kita jarang banget mandi karena merasa enggak banyak berkeringat dan segar-segar saja karena hanya berdiam diri di rumah.

Meski banyak orang sepertinya mempertanyakan frekuensi ideal mandi dalam sehari, sebetulnya enggak ada penjelasan ilmiah yang pasti mengenai seberapa sering kita harus mandi setiap harinya.

Tapi yang jelas, para ahli enggak menyarankan kita mandi terlalu sering, lho. Kenapa ya?

Baca Juga: Jangan Lupa! 4 Bagian Tubuh yang Juga Harus Dibersihkan Saat Mandi!

Boleh Mandi Lebih Dari Sekali?

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda dan dapat berubah mengikuti musim atau perubahan cuaca di lingkungan kita masing-masing.

Makanya, yang terpenting adalah mengetahui persoalan tubuh kita sendiri dan mengerti kebutuhan serta batas toleransi kulit kita.

Kalau kita merasa mandi sekali dalam sehari sudah cukup, maka enggak apa-apa melakukan hal tersebut satu kali saja dalam rutinitas harian kita.

Sebaliknya, kalau kita mudah merasa tubuh kotor dan berkeringat, mungkin kita butuh mandi dua kali sehari dan itu pun sebenarnya enggak masalah.

Dampak Mandi Terlalu Sering