Pengin Nangis Tapi Enggak Bisa? Mungkin Ini Alasannya Susah Nangis!

By Monika Perangin, Selasa, 8 Juni 2021 | 20:10 WIB
Ilustrasi menangis (thelist.com)

CewekBanget.ID - Menangis adalah ungkapan perasaan yang bisa membantu kita meredakan tekanan secara psikologis atau emosional.

Untuk itu, jika kita bersedih dan kecewa enggak apa-apa untuk menangis dan mengungkapkan isi hati kita. 

"Menangis dapat membantu seseorang mengelola stres emosional mereka dengan lebih baik dan memperkuat hubungan sebagai hasil dari respons yang sehat dan aman terhadap hasil atau situasi negatif," ucap Michael Chen, M.D., selaku dokter dan direktur medis distrik di One Medical.

"Menangis dapat membantu suasana hati seseorang dengan meningkatkan kualitas tidur, mengurangi peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh," tambah dr Chen.

Baca Juga: Ini Hal yang Jessica Enggak Suka dari Krystal Sampai Bikin Nangis!

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa menangis bisa melepaskan hormon oksitosin dan endorfin, yang membantu meringankan rasa sakit fisik dan psikologis sekaligus.

"Saya cenderung menemukan bahwa menahan emosi seseorang dan membatasi kemampuan untuk menangis dapat menyebabkan hasil negatif seperti depresi kronis, kecemasan, dan hubungan yang sulit," jelas Chen.

Untuk itu, di saat yang diperlukan, enggak apa-apa menangis dan jangan ditahan.

Merasakan hal yang menyedikan dan larut dalam kesedihan adalah hal yang normal, setelah itu kita bisa kembali dan bangkit.

Namun, ada beberapa orang yang merasa enggak bisa menangis dalam keadaan sedih.

Mungkin ini asalannya kenapa kita susah menangis.

Rasa malu dan stigma budaya