Waspada Tanda-Tanda Gangguan Antisosial. Bisa Membahayakan Orang Lain!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:30 WIB
Manusia Antisosial ()

CewekBanget.ID - Kita mungkin sering mendengar atau menggunakan istilah 'antisosial'.

Hanya saja, kayaknya selama ini penggunaan istilah tersebut masih kurang tepat nih, girls.

Bukan sekadar menghindari lingkungan sosial, sebetulnya gangguan kepribadian antisosial lebih serius dan harus ditangani lebih lanjut karena dapat membahayakan orang lain, lho!

Kenali sejumlah gejala gangguan kepribadian antisosial supaya enggak salah kaprah lagi dan kita tahu waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan ahli untuk mengatasinya.

Baca Juga: Ini 4 Tanda Kita Berkencan dengan Orang Antisosial. Hati-hati!

Gangguan Kepribadian Antisosial

Gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder atau ASPD) kadang dikenal juga dengan julukan 'gangguan kepribadian sosiopat'.

Gangguan kepribadian yang satu ini merujuk pada kondisi kesehatan mental yang menyebabkan seseorang menderita saat berpikir dan kerap bertindak gegabah hingga berlawanan dari moral atau empati terhadap sesama manusia.

Kondisi ini juga membuat seseorang menjadi impulsif dan mengabaikan etika, sehingga penderitanya banyak memiliki masalah dalam hidup.

Orang dengan ASPD cenderung sulit menjalin hubungan, sering melakukan tipu daya dan manipulasi demi keuntungan diri sendiri, selalu berganti-ganti pekerjaan, bahkan samapi melakukan tindak kriminal.

Baca Juga: Cara Nolongin Teman yang Punya Gangguan Anxiety Menurut Psikolog!