Hati-Hati, 5 Kesalahan Memakai Celana Dalam Ini Bisa Berbahaya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 5 April 2022 | 11:30 WIB
celana dalam (kindara.com)

CewekBanget.ID - Cara kita memakai dan merawat celana dalam sangat penting untuk diperhatikan.

Ini tentu saja karena celana dalam bersentuhan langsung dengan area vagina yang sensitif dan harus mendapatkan perhatian ekstra.

Yuk cek lagi, apakah kita masih melakukan 5 kesalahan ini dalam memakai dan merawat celana dalam?

Hati-hati, mengabaikannya bisa menyebabkan infeksi dan masalah lain pada vagina, lho!

Bahan Bukan Katun

Bahan celana dalam terbaik yang direkomendasikan adalah katun, terutama pada bagian tengah celana dalam yang memiliki kontak langsung dengan vagina.

Bukan tanpa alasan, katun disarankan untuk bahan celana dalam yang baik karena dapat membantu kelancaran sirkulasi udara pada selangkangan dan mampu mengurangi kelembapan di area vagina.

Sebaliknya, penggunaan celana dalam dengan bahan selain katun dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri, menurut studi yang diterbitkan di Obstetrics & Gynecology pada 2018, seperti dilansir dari The Healthy.

Apa lagi bahan sintetis seperti polyester dan renda dapat membuat vagina kita bermasalah akibat panas dan kelembapan yang terperangkap di sana.

Baca Juga: Pakai Celana Dalam Ketat Bikin Keputihan Jadi Enggak Normal?

Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan membentuk habitat yang memungkinkan bakteri dan jamur untuk tumbuh berlipat ganda.

Faktanya, perempuan yang memakai celana dalam berbahan katun 100% memiliki risiko iritasi vagina dan infeksi bakteri yang lebih rendah, jadi pertimbangkan untuk mengecek kembali bahan celana dalam kita sekarang.