Bukan Masalah Sepele, Jerawat Bisa Memicu Depresi Menurut Penelitian!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:55 WIB
Ilustrasi jerawat (Adobe Stock)

CewekBanget.ID - Buat kita yang punya kulit acne prone alias rentan berjerawat, pasti kita merasa capek banget untuk mengatasi masalah kulit kita yang satu ini ya, girls.

Udah pakai skincare ini itu, udah menghindari makanan yang dapat memicu jerawat, tapi tetap aja jerawat sering muncul di wajah seperti tamu enggak diundang.

Jerawat bukan cuma sekadar masalah kulit biasa! Bahkan ini bisa memengaruhi kondisi mental kita juga, lho! Bener enggak?

Mungkin buat yang enggak mengalami kulit berjerawat ini bakal susah relate banget sama mereka. Tapi kenyataannya, menurut penelitian jerawat bahkan bisa memicu trauma pada si penderitanya.

Baca Juga: Ternyata Simpel! Ini 5 Langkah Tepat Biar Wajah Terbebas dari Jerawat!

Jerawat memicu rasa malu, kecemasan, hingga depresi

Mengutip mindbodygreen.com, pada tahun 2020, Journal of American Academy of Dermatology menerbitkan tinjauan sistematis dari 42 studi tentang jerawat dan risiko terkait depresi dan kecemasan.

Penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan antara jerawat dan depresi serta jerawat dan kecemasan.

Sehingga, para dokter yang menangani kasus jerawat disarankan untuk menjalankan pengobatan jerawat dengan penuh semangat dan mempertimbangkan pemeriksaan psikiatri atau rujukan bagi mereka yang menjalani perawatan jerawat, karena kondisi ini jelas lebih dari sekadar masalah kulit.

Studi lain di tahun 2016 yang dilakukan pada dampak psikologis jerawat menjelaskan bagaimana mereka yang hidup dengan jerawat dari hari ke hari.

Hasilnya menjelaskan aspek kehidupan peserta mana yang paling terpengaruh oleh kondisi ini, hasilnya adalah:

- 88% melaporkan perasaan malu dan kesadaran diri.