Penjelasan Perlemakan Hati dan Pola Hidup yang Tepat untuk Pencegahan

By Indah Permata Sari, Kamis, 26 Oktober 2023 | 08:35 WIB
Ilustrasi mengalami perlemakan hati (foto : freepik)

CewekBanget.ID - Perlemakan hati jadi salah satu penyakit yang harus kita waspadai, girls.

Hati sendiri adalah organ tubuh yang bisa memecah lemak dari makanan yang kita konsumsi untuk diubah jadi energi buat tubuh kita.

Melansir laman aladokter.com, perlemakan hati atau yang nama medisnya hepatic steatosis merupakan penyakit dengan kondisi organ hati memiliki atau menyimpan terlalu banyak lemak.

Ketika ada banyak lemak dalam hati, ini bisa membuat hati memiliki gangguan dan malfungsi sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyakit hati.

Lalu apa yang menyebabkan kita mengalami perlemakan hati ini?

Masih melansir laman yang sama, beberapa penyebab dari penyakit ini adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, konsumsi obat tertentu dalam waktu lama dan dosis tinggi, adanya paparan zat beracun, menderita hepatitis C, malnutrisi, berat badan yang turun drastis, dan juga adanya sindrom metabolik.

Sindrom metabolik sendiri juga memiliki beberapa kondisi seperti obesitas, tingginya trigliserida, kolesterol HDL rendah, hiperglikemia, dan hipertensi.

Perlu dipahami kalau kondisi sindrom metabolik tersebut sangat erat hubungannya dengan pola makan dan gaya hidup yang enggak sehat.

Sehingga ini benar-benar erat juga kaitannya dengan apa yang kita makan setiap hari yaa, girls.

Lalu kenapa sih perlemakan hati ini harus diwasapadari dan juga kita perhatikan?

Melansir laman yankes.kemkes.go.id, 7-30% penderita perlemakan hati daat terjadi perburukan seiring dengan berjalannya waktu dan ada klasifikasi stadiumnya.

Baca Juga: Nyeri Wajah di Sebelah Sisi? Bisa Disebabkan sama 5 Penyakit Ini