Perempuan Dibebankan Kerja Perawatan Sebagai Bentuk Bakti, Padahal Pekerjaan yang Menguras Energi

By Septi Nugrahaini Rahmawati, Jumat, 19 Januari 2024 | 14:10 WIB
Ilustrasi perempuan melakukan kerja perawatan dengan merawat orang tua (screenshot Freepik)

CewekBanget.ID - Girls, kalian pernah mendengar apa itu care work atau kerja perawatan?

Kerja perawatan adalah semua pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain, baik orangtua, anak, disabilitas, dan lainnya.

Nah, dalam kontruksi sosial, kerja perawatan ini sering diasosiasikan sebagai pekerjaan yang harus dilakukan oleh perempuan dibanding laki-laki.

Padahal sebenarnya, pekerjaan pekerjaan perawatan dan melakukan hal-hal domestik pun enggak cuma untuk perempuan tapi juga untuk laki-laki.

Di sisi lain, berdasarkan sebuah survei, masih ada banyak perempuan yang enggak menyadari bahwa pekerjaan perawatan yang mereka lakukan adalah sebagai bentuk dari kerja.

Survey International Labour Organization (ILO) dan KataData Insight Center pada tahun 2023 menyebutkan, separuh perempuan yang menjalankan kerja perawatan tak berbayar sampai harus merelakan pekerjaannya.

Faktanya, jika kerja perawatan tak berbayar ini dihitung secara gradual jumlah jam kerjanya lalu dibandingkan dengan jumlah jam kerja di Indonesia, nilainya tak kalah dengan kerja kantoran.

Lingkungan yang udah melabeli kerja perawatan sebagai bentuk bakti dan hanya untuk perempuan

Kerja perawatan banyak disebut sebagai bentuk bakti seseorang, misalnya dari anak yang harus merawat orang tua atau ibu yang selalu mengasuh anaknya.

Banyak yang membebankan hal tersebut pada perempuan karena dianggap hal-hal tersebut adalah bagian dari peran mereka sebagai anak, istri, atau ibu.

Selain itu juga menganggap kalau perempuan punya banyak waktu luang dibanding laki-laki, jadi hal tersebut kemudian dilimpahkan pada pihak perempuan saja.

Baca Juga: Survei ILO: Banyak Perempuan Rela Tinggalkan Karier Demi Pekerjaan Perawatan di Rumah