Begini Perilaku Gen Z Sebelum Memutuskan untuk Membeli Suatu Produk

By Indah Permata Sari, Minggu, 2 Juni 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi Gen Z belanja (foto : freepik)

CewekBanget.ID - Girls, kamu termasuk Gen Z atau enggak nih?

Gen Z dikategorikan sebagai orang yang lahir di antara tahun 1997-2012 nih, seperti yang dilansir dari laman djkn.kemenkeu.go.id.

Kalau berdasarkan laman britannica.com, di Amerika sendiri Gen Z digunakan untuk orang yang lahir pada akhir tahun 1990-an sampai awal 2000-an.

Jadi sebenarnya untuk tahun jelasnya kadang masih jadi perdebatan yaa, terutama juga antara satu negara dengan negara lainnya.

Tapi yang jelas Gen Z memang generasi yang banyak terpapar akan teknologi canggih yang berkembang pesat bahkan hingga detik ini.

Karena itu juga dinamakan Gen Z yang berasal dari kata Zoomer karena lahir dan tumbuhnya mengikuti perkembangan teknologi dan internet secara dekat, seperti yang dikutip dari parent.binus.ac.id.

Masih melansir laman yang sama, Gen Z yang dapat kesempatan lebih banyak dalam memperoleh dan mengakses informasi dari berbagai sumber, membuatnya jadi generasi yang ckup kritis dan menyipak informasi dan terbawa banget dalam keseharian.

Termasuk juga dalam hal membeli suatu produk, girls.

Gen Z biasanya akan lebih kritis dengan cari informasi yang detail, melihat bukti nyatanya, hingga akhirnya memutuskan untuk beli suatu produk.

Dan pilihan dari Gen Z ini sangat menentukan akan perputaran ekonomi dalam hal pembelian barang, lho.

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc, Guru Besar Perilaku Konsumen, dalam acara Brand Choice Award 2024 di Ballroom JW Marriott Hotel Jakarta, pada Rabu, (29/5/2024), mengatakan hal yang sejalan akan peran Gen Z.

Baca Juga: Son Naeun Ngaku Kesulitan Buat Ngikutin Trend Gen Z dan Intip Kegiatan Workoutnya Yuk