Begini Perilaku Gen Z Sebelum Memutuskan untuk Membeli Suatu Produk

By Indah Permata Sari, Minggu, 2 Juni 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi Gen Z belanja (foto : freepik)

CewekBanget.ID - Girls, kamu termasuk Gen Z atau enggak nih?

Gen Z dikategorikan sebagai orang yang lahir di antara tahun 1997-2012 nih, seperti yang dilansir dari laman djkn.kemenkeu.go.id.

Kalau berdasarkan laman britannica.com, di Amerika sendiri Gen Z digunakan untuk orang yang lahir pada akhir tahun 1990-an sampai awal 2000-an.

Jadi sebenarnya untuk tahun jelasnya kadang masih jadi perdebatan yaa, terutama juga antara satu negara dengan negara lainnya.

Tapi yang jelas Gen Z memang generasi yang banyak terpapar akan teknologi canggih yang berkembang pesat bahkan hingga detik ini.

Karena itu juga dinamakan Gen Z yang berasal dari kata Zoomer karena lahir dan tumbuhnya mengikuti perkembangan teknologi dan internet secara dekat, seperti yang dikutip dari parent.binus.ac.id.

Masih melansir laman yang sama, Gen Z yang dapat kesempatan lebih banyak dalam memperoleh dan mengakses informasi dari berbagai sumber, membuatnya jadi generasi yang ckup kritis dan menyipak informasi dan terbawa banget dalam keseharian.

Termasuk juga dalam hal membeli suatu produk, girls.

Gen Z biasanya akan lebih kritis dengan cari informasi yang detail, melihat bukti nyatanya, hingga akhirnya memutuskan untuk beli suatu produk.

Dan pilihan dari Gen Z ini sangat menentukan akan perputaran ekonomi dalam hal pembelian barang, lho.

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc, Guru Besar Perilaku Konsumen, dalam acara Brand Choice Award 2024 di Ballroom JW Marriott Hotel Jakarta, pada Rabu, (29/5/2024), mengatakan hal yang sejalan akan peran Gen Z.

Baca Juga: Son Naeun Ngaku Kesulitan Buat Ngikutin Trend Gen Z dan Intip Kegiatan Workoutnya Yuk

Dia mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi brand saat ini adalah bagaimana cara menarik pasar Gen Z, yang sudah mencakup 30% dari keseluruhan populasi Indonesia.

Melansir siaran pers dari Pink Rabbit yang berhasil meraih Brand Choice Award 2024 untuk kategori Softlens, Gen Z ternyata cenderung kritis, mengutamakan value for money, dan sangat peduli terhadap review pembeli untuk memastikan barang yang diterima atau mereka beli sesuai dengan ekspektasi mereka.

Tentu ini jadi hal yang penting dipahami oleh para brand dalam memasarkan produk mereka ke pembeli terutama para Gen Z.

Masih melansir press release yang sama, Pink Rabbit Lens sendiri menjadi salah satu merek softlens yang paling difavoritkan oleh pasar Gen Z.

Alasannya karena reputasi kenyamanannya, harga yang pantas, dan tersedianya 125 pilihan warna serta motif yang up-to-date dengan tren kecantikan Korea.

Keberhasilan memenangkan pasar Gen Z ini tercermin dari penjualan lebih dari 250.000 pasang softlens per tahun dengan berbagai series warna dan ukuran.

Jadi kesuksesan Pink Rabbit yang menerima Brand Choice Award 2024 untuk kategori softlens dan berhasil unggul dalam kriteria Digital Brand Awareness, Digital Consumer Choice, serta Digital Consumer Reviews & Rating ini pun jadi enggak perlu diragukan lagi.

Penghargaan tersebut diterima oleh Dirda Muthi Kemala Latjuba, CEO dan Founder dari PT Pinkrabbit Beauty Lens Indonesia.

“Pink Rabbit Lens berkomitmen untuk menjadi lebih baik, terus berinovasi untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik,” ungkap Dirda melalui siaran press release.

Nah, buat kamu yang termasuk Gen Z nih, bener enggak penjelasan soal kebiasaan sebelum beli produknya, girls?

Baca Juga: Owner JINISO Sebut Fuji An Sosok yang Mewakili Gen Z Banget Saat Ini

(*)