5 Cara Merawat Kulit di Cuaca Panas yang Wajib Orang Indonesia Pahami

By Indah Permata Sari, Senin, 22 Juli 2024 | 07:05 WIB
Ilustrasi kulit sehat di cuaca panas (Foto : freepik)

CewekBanget.ID - Tinggal di Indonesia, kita emang harus selalu siap dengan cuaca panas yaa, girls.

Seperti yang diketahui ya, Indonesia masuk ke negara tropis yang cuma punya dua musim aja, yaitu kemarau dan hujan.

Melansir laman bmkg.go.id, Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam Konferensi Pers daring di Jakarta pada Senin, (8/7/2024), menjelaskan soal kenapa Indonesia memiliki 2 musim.

"Letak geografis ini (Indonesia yang ada di antara benua Australia dan Asia serta samudra Pasifik dan Hindia) menjadikan Indonesia memiliki dua musim berbeda, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Angin monsun barat dari Benua Asia membuat Indonesia mengalami musim hujan.

Sementara secara umum, musim kemarau di Indonesia berkaitan dengan aktifnya angin monsun timur dari Australia yang bersifat kering," jelas Dwikorita.

Pada kesempatan yang sama, Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi, mengungkapkan bahwa ada potensi cuaca ekstrem yang membuat meski masuk kemarau tapi ada beberapa wilayah yang mungkin bisa mengalami hujan lebat.

"Meski beberapa wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau, kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan melakukan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih bisa terjadi di beberapa wilayah.

Cuaca ekstrem tersebut meliputi hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, serta fenomena hujan es," ucap Guswanto.

Sementara itu, cuaca ekstrem juga bisa menyebabkan kita mengalami beberapa masalah kulit.

Di antaranya adalah kulit jadi kering, kemerahan, gatal hingga perih, dan juga ada benjolan kecil di area berkeringat, berdasarkan laman halodoc.com.

Baca Juga: Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Mendinginkan Tubuh saat Cuaca Panas