Cerita Astronom Perempuan Pertama Indonesia Tentang Menariknya Bekerja di Bidang Astronomi

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 31 Maret 2018 | 04:30 WIB
Foto: BBC Indonesia (Ifnur Hikmah)

Penasaran, sebenarnya dunia astronomi itu belajar soal apa aja sih? Pengin tahu apa yang bikin dunia astronomi beda dari ilmu lain, kan?

Cewekbanget.id berkesempatan buat ngobrol bareng dengan seorang Astronom perempuan pertama di Indonesia, yaitu Dr. Karlina Supelli, Msc. Ada beberapa hal menarik yang wajib kita tahu kalau bekerja di bidang astronomi, menurut astronom perempuan pertama Indonesia ini.

Kalau dulu sewaktu kecil cuma bisa lihat indahnya bintang di langit, belajar di dunia astronomi bisa bikin kita tahu soal asal usul bintang, lho.

Beberapa waktu lalu cewekbanget.id ngobrol bareng Dr. Karlina Supelli, Msc, mengenai apa sih yang bakal kita pelajari di dunia astronomi ini.

“Kalau di ilmu astronomi ini kita akan belajar banyak hal tentang alam semesta, seperti mengamati benda-benda astronomi yang sudah kuno. Benda-benda tersebut berada di galaksi yang aktif,” cerita perempuan berusia 59 tahun ini.

Bayangin dong, betapa serunya kita bisa tahu sejarah lahirnya benda-benda di ruang angkasa, girls!

(Mau kerja di Google? Ini 3 hal yang perlu kita siapkan, menurut Head of Marketing Google Indonesia!)

“Astronomi itu nantinya akan belajar soal sejarah galaksi, dan bagaimana benda-benda langit itu tercipta. Hal-hal tersebut dinamakan alam semesta dini atau terbentuknya alam semesta,” jelasnya.

Mempelajari alam semesta bukan cuma galaksi aja nih, tapi tentang adanya tata surya dan awal tercipta planet-planet, termasuk bumi.

Nah, selain itu, kita juga akan belajar soal evolusi alam semesta. Bicara soal evolusi ternyata enggak cuma kita aja sebagai manusia, ternyata alam semesta juga mengalami evolusi.

Di dunia astronomi, kita akan belajar banyak hal soal evolusi planet dan berbagai macam galaksi. Apalagi sejak ditemukannya pengganti planet Pluto, juga bisa kita pelajari, apakah benar penemuan planet baru atau planet Pluto itu yang berevolusi?