8 Fakta yang Perlu Cewek Tahu Tentang Penyakit Menular Seksual, HPV

By Indra Pramesti, Kamis, 14 Desember 2017 | 07:25 WIB
Yuk cari tahu soal HPV (Indra Pramesti)

HPV atau human papillomavirus adalah salah satu jenis penyakit menular seksual. Virus ini bisa menyebabkan kutil pada organ genital kita yang secara medis dinamakan ‘papilloma’.

Namun enggak semua tipe HPV menyebabkan kutil. Beberapa tipe dari HPV malah enggak menimbulkan gejala apapun. Tapi ada juga beberapa tipe yang bisa menimbulkan kanker. Ini lah mengapa, sebagai cewek kita perlu memahami fakta penting tentang HPV.

Ditambah lagi dengan fakta kalau HPV adalah virus yang umum terjadi enggak hanya pada cewek, tapi juga pada cowok. Yuk, kenali 8 fakta penting yang perlu cewek tahu tentang penyakit menular seksual, HPV.

(Baca juga: 5 Kelainan Pada Puting Payudara yang Wajib Kita Waspadai)

Kenyataannya, HPV adalah kumpulan dari berbagai macam virus. Seenggaknya ada lebih dari 100 tipe HPV dan masing-masing memiliki dampak yang berbeda pada tubuh kita. Sehingga bisa bisa dibedakan tipe ringan dan tipe yang paling berbahaya.

HPV tipe ringan enggak menimbulkan kanker, tapi bisa menimbulkan kutil pada organ genital kita. Dilansir dari seventeen.com, ob/gyn di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, CA, G. Thomas Ruiz, MD, menyatakan bahwa 2 tipe HPV tertentu adalah penyebab dari 90% risiko kutil pada organ genital.

Sementara infeksi HPV yang berbahaya dan bisa memicu kanker, jarang menimbulkan gejala pada penderitanya. Biasanya HPV tipe ini bisa menyebabkan kanker serviks, anus, tenggorokan, vagina, dan vulva, atau penis pada laki-laki.

Meski baru pertama kali melakukan hubungan seksual, kita masih bisa mengalami risiko menderita penyakit menular seksual lainnya, dan bukan hanya HPV saja.

HPV sendiri meskipun sering menyebar lewat hubungan vaginal atau anal, pada kenyataannya juga bisa menyebar lewat oral seks. Menguatkan fakta bahwa sekitar 12% remaja perempuan yang mengaku belum pernah berhubungan seksual masih bisa terkena risiko virus tersebut.