10 Pertanyaan Penting Yang Wajib Cewek Ketahui Tentang Herpes

By Indra Pramesti, Selasa, 12 Desember 2017 | 07:00 WIB
Ini dia pertanyaan penting yang perlu kita ketahui tentang herpes! (Indra Pramesti)

Kita wajib tahu dan paham nih soal penyakit menular seksual yang banyak mengincar cewek. Tujuannya supaya kita lebih waspada dan jangan sampai tertular.

Salah satu penyakit menular seksual yang sering menyerang cewek adalah herpes. Yuk kenali 10 pertanyaan penting yang wajib cewek ketahui tentang herpes!

(Baca juga: 9 Pertanyaan Tentang Penyakit Menular Seksual Akhirnya Terjawab!)

Ada dua jenis herpes, HSV-1 dan HSV-2. Keduanya bisa ditularkan melalui kontak dari kulit ke kulit yang sering terjadi lewat kontak secara seksual.

Tapi ada juga kasus dimana seseorang yang tertular hanya dengan sentuhan atau ciuman tanpa ada tujuan berhubunag seksual, seperti pada orang tua ke anaknya. Meski jarang terjadi genital herpes juga bisa ditularkan oleh seorang perempuan yang hamil kepada bayinya saat proses melahirkan

Saat kita baru terjangkit, biasanya kita akan mengalami gejala seperti panas, gatal dan seperti tertusuk pada bagian organ intim atau bahkan mulut kita.

Ketika mengalami gejala tersebut, sebaiknya kita segera menghentikan hubungan seksual; vaginal, anal, ataupun oral, meski menggunakan kondom sekalipun.

Virus herpes ternyata bisa menular lewat keringat, cairan vagina, hingga luka yang enggak tertutup oleh kondom.

(Baca juga: 6 Mitos Tentang Klitoris Yang Enggak Seharusnya Kita Percaya)