5 Cara Merawat Diri Sendiri Saat Kita Merasa Depresi

By Indra Pramesti, Selasa, 19 Desember 2017 | 12:00 WIB
Ini dia cara merawat diri untuk melawan depresi! (Indra Pramesti)

Depresi dan kesehatan mental bukanlah hal yang pantas kita abaikan. Meski sulit, depresi bisa kita lalui, tapi kita memerlukan bantuan. Cara pertama adalah dengan menceritakan keluh kesah kita kepada orang-orang terdekat seperti sahabat atau keluarga. Kalau hal tersebut belum cukup, kita bisa mencari bantuan pada tenaga profesional.

Saat depresi, mungkin kita merasakan hal yang menyakitkan dan menyiksa. Kadang kita jadi enggak semangat  melakukan hal yang sudah terbiasa kita lakukan. Kadang kita juga bisa mengalami kesulitan saat tidur, dan selalu merasa lelah.

Berikut ini, ada 5 cara merawat diri sendiri saat kita merasa depresi!

(Baca juga: Seperti Jung Joon Young Yang Ditinggal Meninggal 2 Orang Terdekatnya, Lakukan 6 Cara Ini Agar Kita Bisa Menghadapi Kesedihan!)

Cara merawat diri sendiri yang pertama adalah dengan melakukan rutinitas dasar sehari-hari dengan tepat. Misalnya saja, setiap harinya ketika membutuhkan waktu tidur selama 8 jam, mencukupi asupan tubuh dengan meminum air putih, dan makan makanan yang bernutrisi.

Sekali waktu, kita juga bisa melakukan olahraga supaya kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Dengan melakukan rutinitas dasar ini, kita perlahan-lahan memperbaiki kondisi fisik dan mental kita.

Saat berkumpul atau berkenalan dengan seseorang, kita pasti bisa merasakan kepribadian mereka masing-masing. Ada sebagian orang yang hanya membawa energi negatif pada kita.

Sebisa mungkin jauhkan diri dari orang-orang ini, dan mulailah bertemu dengan orang-orang yang membawa ketenangan dan energi positif pada diri kita. Dengan cara ini, kita jadi sadar bahwa masih ada harapan dalam hidup ini.

Kalau kita merasa lelah, maka beristirahatlah. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri dan terus menyalahkan diri kalau kita enggak menemui ekspektasi yang kita harapkan.