6 Hal Mengerikan yang Terjadi Kalau Kita Makan Enggak Teratur

By Indra Pramesti, Senin, 26 Februari 2018 | 10:45 WIB
Wajib makan teratur! (Indra Pramesti)

Buat yang punya banyak kegiatan, pasti enggak jarang kita sering enggak makan tepat waktu. Malah ada juga yang sengaja melewatkannya. Padahal, makan enggak teratur menurut banyak penelitian ternyata memiliki dampak yang berbahaya, lho.

Dilansir dari Seventeen.com, psikiatris di St. Louis, Kimberli McCallum, M.D, menjelaskan bahwa makan enggak teratur adalah saah satu penyebab utama penyakit berbahaya seperti anoreksia. Selain itu ada 6 hal lain yang juga terjadi kalau kita makan enggak teratur. Yuk, disimak!

(Baca juga: 4 Hal yang Boleh Kita Lakukan Setelah Putus Cinta)

Sebagian besar otak kita dijalankan dengan adanya glukosa. Jadi, ketika darah yang mengalir dalam tubuh kita kekurangan zat gula, yang diperoleh dari makanan, maka otak kita akan kehilangan kemampuan untuk fokus. Demikian dipaparkan orleh Kristin Kirkpatrick, R.D, manajer nutrisi di Cleveland Clinic.

Pernah mengalami betapa nyebelinnya kita ketika kelaparan? Yap, ini juga menjadi salah stau dampak yang membahayakan dari melewatkan makan. Menurut dr. McCallum, kit akan gampang merasa gelisah, gugup, dan sulit melihat suatu hal dari sudut pandnag yang luas.

Keadaan ini menandakan kalau hormon stres perlahan memengaruhi cara kita bersikap. Kita jadi lebih sering bad-mood dan enggak bertingkah enggak menyenangkan.

Ironisnya, setelah sekali melewatkan waktu makan, kita cenderung makan dalam porsi yang sangat banyak ketika ada kesempatana buat makan. Untuk mengantisipasi hal ini, dr. Kirkpatrick menjelaskan bahwa mengisi perut dengan makanan yang mengandung protein cukup membantu supaya kita enggak terlalu merasa kelaparan.

(Baca juga: Bongkar Cara Kita Mengungkapkan Perasaan Saat Pacaran Berdasarkan Zodiak)