Berat Badan Turun dan 4 Manfaat Lain yang Didapat Kalau Tidur Cukup

By Indra Pramesti, Rabu, 25 April 2018 | 05:00 WIB
Banyak manfaatnya, lho! (Indra Pramesti)

Setiap orang pasti membutuhkan waktu buat beristirahat setelah beraktivitas sehari-hari. Salah satu cara beristirahat yang bisa kita lakukan adalah dengan tidur cukup.

Dan ternyata, enggak cuma menghilangkan rasa capek, ada beberapa perubahan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan tidur cukup. Mulai dari berat badan turun, hingga lebih mudah mengingat sesuatu.

(Baca juga: Gebetan Enggak Balas Chat Kita? Ini Dia 3 Hal Yang Harus Kita Lakukan)

Dengan tidur nyenyak dan cukup, ternyata kita bisa menurunkan berat badan, lho. Sebaliknya, kalau kita kurang tidur, maka tubuh akan mengeluarkan hormon ghrelin, yakni hormon yang memicu pertambahan nafsu makan. Kurang tidur juga menyebabkan meningkatkan leptin, sehingga kita jadi enggak mudah kenyang ketika makan sesuatu.

Nah, kalau kita habis beraktivitas berat selama seharian dan pengin menjaga tubuh kita supaya lebih sehat, maka jangan lupa tambahkan jadwal tidur yang cukup.

Peneliti dari University of Zurich menyebutkan bahwa ada hubungan sejajar antara belajar secara efisien dan serius, dengan tidur tenang dan nyenyak.

Selama siklus Rapid Eye Movement (REM), informasi yang kita dapatkan selama sehari akan ditata di dalam memori sehingga memudahkan kita untuk mengingat. Sebaliknya, jika tidur enggak nyenyak, siklus REM akan terganggu sehingga kita jadi susah untuk mengingat sesuatu dan berkonsentrasi ketika belajar.

Kalau kita termasuk cewek yang suka kemana-mana dengan menyetir motor atau mobil sendirian, maka mengubah kualitas tidur menjadi lebih baik juga akan meningkatkan kemampuan kita untuk mengendarai kendaraan dengan lebih baik juga.

Ini karena ketika tidur enggak nyenyak, maka fokus, perhatian, dan reaksi kita akan terganggu. Biasanya ditandai dengan kebangun dalam keadaan kaget karena mimpi buruk. Keadaan ini dinamakan sebagai micro-sleep dan umumnya mengakibatkan pening pada kepala.