6 Hal Mengerikan Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kalau Sengaja Telat Makan

By Andien Rahajeng, Kamis, 26 April 2018 | 07:30 WIB
(foto: dramabeans) (Andien Rahajeng)

Semakin dekat dengan Prom Night dan wisuda, pasti ada dari kita yang sudah mulai berbagai persiapan. Mulai dari pakaian, makeup, sampai diet agar terlihat lebih langsing di foto. Enggak jarang ada yang mencoba diet dengan cara melewatkan jadwal makan. Padahal ini bahaya lho, girls.

Dilansir dari seventeen.com, seorang psikiater dari St. Louis, Kimberli McCallum menjelaskan bahwa sengaja melewatkan jadwal makan bukan hanya salah satu cikal bakal dari eating disorder seperti anorexia, tapi juga salah satu pemicu overeating, bahkan kenaikan berat badan yang enggak sehat.

Selain bisa berpotensi bikin kita makan berlebihan, berikut 5 hal lainnya yang akan terjadi kalau kita sengaja melewatkan jadwal makan. Ngeri!

(Baca juga: 6 Seleb Kpop yang Mengaku Kesehatan Mereka Terganggu Karena Diet Ketat)

Otak Kita Enggak Berfungsi Optimal

Mungkin tadi malam kita makan banyak pizza dan jadi kepikiran “hari ini aku udah kebanyakan makan. Besok mau makan sekali aja!”. Ternyata, saat kita melewatkan satu aja jadwal makan, tubuh kita jadi “marah” dan membuat gula darah kita turun drastis. Ini akan membuat kita sulit konsentrasi karena otak membutuhkan glukosa untuk bekerja. Kalau kita menjadikan diet yang enggak sehat ini sebagai kebiasaan, akan semakin membahayakan fungsi otak kita.

Moody

Pernah sadar, saat kita lapar banget kita jadi gampang marah? Istilah yang biasa dipakai adalah “hangry” alias “hungry” + “angry”. Bukan hanya konsentrasi kita yang terjun payung, saat gula darah turun, mood juga ikutan turun dan membuat kita jadi gampang marah.

Menurut Dr. McCullum diet dengan cara menahan lapar seperti ini akan membuat tubuh bereaksi negatif dan memicu hormon stres untuk diproduksi. Kita akan jadi merasa enggak tenang dan cemas. Kemungkinannya ada dua: kita jadi mudah tersulut emosi amarah atau jadi sering galau. Pokoknya, enggak asik, deh, girls!

Berpotensi Overeating alias Makan Berlebihan

Saat memaksa tubuh menolak makanan, tubuh justru akan semakin pengin diberikan makanan. Ini akan membuat nafsu makan kita melonjak saat udah enggak kuat menahan lapar. Niatnya pengin diet biar kurus, hasilnya malah sebaliknya.

Biar berat badan kita ideal dan sehat, lebih baik memilih pola makan yang sehat dari pada memaksakan diri untuk enggak makan.