Dampak Buruk yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Mengabaikan Stres

By Indra Pramesti, Selasa, 26 Juni 2018 | 14:35 WIB
about time ()

Sekarang, siapapun bisa mengalami stres. Bukan cuma orang dewasa, tapi kita yang masih menginjak usia remaja juga rentan mengalami gangguan kesehatan mental ini.

Banyak dari kita yang masih belum paham soal pentingnya menyadari keadaan stres. Alhasil, kita jadi lebih sering mengabaikannya. Padahal, mengabaikan stres untuk waktu yang cukup lama ternyata bisa memberi dampak buruk buat kondisi fisik tubuh kita.

Yuk, kenali lebih lanjut soal dampak buruk yang akan terjadi pada tubuh ketika kita mengabaikan stres.

(Baca juga: Ini Dia 7 Tanda Udah Saatnya Kita Nge-Blok Akun Mantan Pacar)

Stres menyebabkan gangguan kesehatan

age of youth

Menurut Dr. Sherry Benton, psikolog dan founder dari website terapi online, TAO Connect, menyebutkan bahwa ketika kita dengan sigap menyembuhkan stres yang kita miliki, maka tubuh kita akan kembali ke keadaan yang normal. Namun jika stres tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi.

Stres yang bertahan cukup lama menyebabkan adrenalin dan kortisol (hormon penyebab stres) mengganggu kerja jantung. Alhasil level kortisol yang tinggi akhirnya memicu gangguan kesehatan seperti, insomnia, penyakit jantung, melemahnya sistem imun, diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pada pencernaan, perubahan siklus menstruasi, anxiety, depresi, hingga kemandulan.

Menurut Dr. Benton, stres yang tidak segera diobati akan makin membawa dampak buruk untuk kesehatan.

Stres kronis yang hanya berlangsung selama satu minggu saja, bisa menyebabkan anxiety, insomnia, dan masalah pencernaan. Jika lebih lama lagi, akan menyebabkan depresi dan serangan jantung.

(Baca juga: Ucapkan Selamat Tinggal Pada 8 Hal Ini Agar Hidup di Usia 20-an Lebih Baik)

Cara menyembuhkan stres