Ini Dia Hal Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Ketika Kekurangan Cairan

By Indra Pramesti, Jumat, 29 Juni 2018 | 15:15 WIB
twice ()

Air penting buat tubuh kita bukan hanya sekadar mitos, lho, girls. Ada banyak hal yang bisa terjadi pada tubuh kita kalau tubuh kekurangan cairan. Mulai dari gejala yang ringan, sampai yang parah. Dehidrasi memang enggak main-main.

Nah, biar kita bisa terhindar dari tubuh yang kekurangan cairan, yuk kenali hal-hal yang akan terjadi pada tubuh kita ketika kekurangan cairan.

(Baca juga: Berapa Banyak Air yang Seharusnya Diminum dalam Sehari? Ini Penjelasan Lengkapnya)

Gejala ringan

Dehidrasi ringan yang kita alami ternyata memiliki efek yang cukup kuat. Gejala-gejala yang akan muncul ketika kita kekurangan cairan di antaranya seperti; pening dan sakit kepala, kecapaian, mengantuk, konstipasi, meriang, mood yang berubah-ubah, mata bengkak, kulit kasar, kram pada otot, dan nyeri pada persendian.

Gejala berat

Nah, kalau dehidrasi yang kita alami semakin parah, efek yang ditimbulkan pun semakin buruk lagi. Misalnya, kita akan merasakan gejala-gejala seperti, tekanan darah rendah, jantung yang berdebar kencang, demam, pingsan, diare hingga muntaber.

bts

Mengabaikan gejala-gejala berat dan ringan

Jika secara konsisten kita terus menerus mengabaikan gejala ringan dan berat yang kita alami, serta enggak segera memberi asupan cairan yang cukup, maka tubuh kita akan semakin menderita berbagai gejala. Di antaranya memberi dampak signifikan terhadap kenaikan berat badan.

Gejala-gejala lainnya yang berpotensi untuk muncul, antara lain;

- Kurang cairan, metabolism lambat. Kemampuan tubuh kita untuk membuang racun beserta sisa zat yang enggak digunakan oleh tubuh menjadi terhalang. Metabolisme tubuh kita pun akhirnya jadi lebih lambat tanpa asupan air.