Ini Dia 5 Cara Supaya Kita Bisa Tidur Dengan Nyenyak. Wajib Dicoba!

By Indra Pramesti, Selasa, 3 Juli 2018 | 18:30 WIB
naver dispatch ()

Menurut polling yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, ada sekitar 65% orang Amerika yang berpendapat bahwa tidur berkualitas adalah aspek yang penting supaya kita bisa lebih produtif dan hidup dengan lebih baik.

Namun, hanya sekitar 10% saja yang telah memprioritaskan kualitas tidur mereka supaya tetap terjaga. Seringkali hal ini disebabkan oleh rutinitas yang yang menjadi kebiasaan mereka sehari-hari.

Nah, supaya kita bisa tidur dengan nyenyak, yuk coba 5 cara berikut!

(Baca juga: 9 Aplikasi Yang Wajib Didownload Supaya Tidur Lebih Tenang dan Nyenyak)

Tentukan waktu cukup

Pada dasarnya, setiap orang memiliki waktu tidur ideal masing-masing sesuai dengan genetik. Namun menurut Michael Breus, PhD, psikolog klinis dan sleep specialist asal Los Angeles, menyebutkan bahwa kebanyakan orang membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam.

Secara rata-rata setiap siklus tidur dialami setiap orang selama 90 menit, dan umumnya masing-masing orang mengalami lima siklus dalam sekali tidur.

Nah, supaya kita lebih mudah menentukan durasi tidur kita yang optimal, kita bisa tidur tepat pada tujuh-tiga puluh menit sebelum waktu kita bangun. Kemudian tambahkan atau kurangi waktu tidur tersebut jika kita merasa kurang atau pun berlebihan. Dengan begitu, kita jadi bisa bangun di jam yang sama setiap harinya tanpa bantuan suara alarm.

Bikin tubuh senyaman mungkin

Supaya tidur nyenyak, pastikan sebelumnya kita membuat tubuh kita senyaman mungkin. Misalnya, jika udara kamar terlalu panas, nyalakan AC atau kipas angin hingga kita merasa nyaman.

Jika terlalu dingin, kita bisa menggunakan kaus kaki. Menurut sebuah studi, jika kita menghangatkan kaki dingin dengan menggunakan kaus kaki, maka pembuluh darah kita akan membesar, kemudian mengirim sinyal kepada otak bahwa ini adalah waktu yang tepat buat tidur.

naver dispatch