Benarkah Hobi Lari Mengganggu Siklus Mestruasi Kita? Ini Penjelasannya

By None, Jumat, 10 Agustus 2018 | 12:46 WIB
()

Berbagai macam kegiatan dapat kita jadikan hobi, seperti olahraga lari misalnya. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga bisa dikerjakan dimana saja. 

Namun, seorang ahli mengatakan bahwa siklus menstruasi seorang cewek dapat berubah karena hobi lari. 

Benarkah hobi lari mengganggu siklus menstruasi? Ini Penjelasannya! 

(Baca juga: Cara Mengukur Size Bra dengan Tepat. Jangan Keliru Lagi, Girls!)

"Siklus rata-rata adalah 28 hari, yang artinya 28 hari di antara hari pertama menstruasi dan hari pertama periode menstruasi berikutnya. Antara 24 dan 31 hari dapat dikatakan siklus yang normal," kata Veronica Lerner MD, asisten profesor obstetri dan ginekologi di New York University Langone Medical Center, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Lerner mengungkapkan kalau periode menstruasi cewek cenderung tidak teratur, kemungkinan terjadi masalah di dalam tubuh.

Salah satu hal yang dapat mengganggu siklus menstruasi adalah terlalu sering berlari.

(Baca juga: 4 Zodiak Ini Termasuk Pacar Super Posesif dengan Pasangannya!)

Hobi Lari

Menurut Lerner, kabar bahwa para pelari maraton rata-rata terganggu bahkan kehilangan siklus menstruasinya bukanlah mitos.

Kombinasi antara latihan yang terlalu keras dengan lemak tubuh yang rendah membuat tubuh mengalami stres, sehingga menstimulasi otak untuk berhenti memproduksi hormon reproduksi.

"Karena kita enggak bisa mengandung di bawah kondisi yang sangat stres, tubuh kita secara temporer menghentikan produksi hormon-hormon fertilitas," ujar Lerner.