Cewekbanget.id – Panggung peragaan Paris Fashion Week kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19.
Sejumlah brand kenamaan asal Prancis seperti Dior, Louis Vuitton, Chanel, dan Hermes diketahui turut menyemarakkan gelaran acara yang berlangsung pada Senin (28/2/2022) hingga Kamis (8/3/2022).
Menariknya, pada ajang fashion show tersebut, beberapa brand asal Indonesia pun diundang resmi untuk memeriahkan acara. Salah satunya adalah brand perhiasan lokal, Jewel Rocks.
Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Jewel Rocks menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks.
Baca Juga: Demi Gala, Haji Faisal Tak Tinggal Diam Laporkan Orang-orang yang Mencemarkan Nama Baik Sang Cucu
Kehadiran Jewel Rocks di ajang Paris Fashion Week diketahui berasal dari dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Prancis serta platform e-commerce Tokopedia.
Bagi kamu yang belum tahu, Jewel Rocks merupakan UMKM perhiasan buatan tangan asal Bali yang berdiri sejak 2006. Sang pemilik, Imelda Widjaja, mengaku termotivasi mendirikan Jewel Rocks karena senang mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata ketika bepergian.
“Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema,” ungkap Imelda melalui keterangan resmi, Jumat (11/3/2022).
Dalam menjalankan usahanya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah perajin perak, resin, dan manik kaca. Ia juga menggandeng produsen pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Bandung.
Dengan modal awal Rp 500.000, kini brand lokal tersebut berhasil berkembang dan telah memiliki 10 karyawan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.
Duta Besar Republik Indonesia di Paris Mohamad Oemar menyampaikan dukungan tersebut merupakan bagian dari program pemerintah untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.
“Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional,” ungkap Oemar.
Senada dengan Oemar, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan dukungan dari pihaknya merupakan bentuk komitmen Tokopedia untuk mendukung kiprah UMKM.
“Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang, khususnya di masa pandemi, bahkan sampai ke kancah global,” kata Astri.
Melalui Paris Fashion Week, Imelda berharap, Jewel Rocks dapat dikenal di kancah internasional sebagai UMKM lokal yang berkualitas. Tak lupa, ia juga mengungkapkan peran Tokopedia dalam perkembangan usahanya selama satu tahun terakhir.
“Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Dalam sebulan kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020,” tutup Imelda.
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Wandha Nur Hidayat |
KOMENTAR