TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 21 April 2017

Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini. Foto: kompas.com

Enggak cuma di Indonesia Hari Kartini diperingati. Tapi, ada beberapa negara lain yang turut mengingat dan merayakan perjuangan kece Ibu Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Selain Indonesia, ini 10 negara yang juga memperingati Hari Kartini.

 

Baca juga: 7 Sifat Kartini Yang Wajib Remaja Cewek Teladani

 

 

1. Belanda

KBRI di Den Haag, Belanda bekerja sama dengan Yayasan Hibiscus menggelar Festival Budaya Indonesia untuk memperingati jasa Ibu Kartini. Di festival ini, terdapat penampilan kebudayaan khas Indonesia seperti alat musik tradisional dan pertunjukan tari. Selain itu, dahulu Kartini juga mempunyai hubungan dekat dengan Belanda. Sehingga, ada pula jalan di Belanda yang mengabadikan namanya sebagai Jalan Kartini. Wuih...

 

2. Australia

 

(foto: citizenimages.kompas.com)

 

Didukung Garuda Indonesia dan Konsulat Jenderal RI Melbourne, masyarakat Indonesia yang tinggal di Melbourne, Australia, turut memperingati Hari Kartini dengan mengadakan bazaar besar bernama Garuda Indonesia Street Festival. Acara yang menampilkan tarian dan kesenian Indonesia ini enggak cuma dihadiri orang Indonesia, lho. Tapi juga warga lokal di sana.

 

3. Malaysia

Beberapa tahun lalu, wanita Indonesia memperingati Hari Kartini dengan mendaki Gunung Kinabalu Malaysia menggunakan kebaya. Petualangan seru ini dinamakan Ekspedisi Women Across Borneo.

 

4. Swiss

Di Swiss juga ada perayaan untuk Ibu Kartini. Lembaga Persahabatan Indonesia Swiss atau Verein Indonesia Swiss menggelar serangkaian acara bernama Hari Kartini. Selain untuk mengingat dan mengenang jasa kartini, acara ini digelar juga untuk memperkenalkan sejarah bangsa Indonesia kepada dunia luar.

 

5. Lebanon

 

(foto: tni.mil.id)

 

Para TNI wanita yang bertugas di Lebanon tergabung dalam Satgas Indobatt (Indonesia Battalyon) menggelar acara syukuran perayaan Hari Kartini. Dengan memperingati perjuangan Kartini, para TNI wanita ini berharap dapat terus semangat dan memperoleh semangat baru selama menjalankan tugas-tugas di sana. Wuih, kita beri semangat juga, yuk, untuk pejuang kita di sana!

 

Baca juga kelanjutannya di sini: Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini (Bagian 2)

 

Enggak cuma di Indonesia Hari Kartini diperingati. Tapi, ada beberapa negara lain yang turut mengingat dan merayakan perjuangan kece Ibu Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Selain Indonesia, ini 10 negara yang juga memperingati Hari Kartini.

 

Baca juga: Selain Kartini, Ini 4 Tokoh Lain Emansipasi Wanita di Indonesia

 

6. Taiwan

 

(foto: ingongawi.com)

 

Untuk memperingati Hari Kartini, sejumlah TKI di Taiwan menggelar kegiatan seperti pagelaran busana pakaian  adat Jawa. Kebudayaan Jawa yang melekat pada diri Kartini turut dilestarikan dalam lomba nyanyi bahasa Jawa atau permainan musik tradisional Jawa.

 

7. Nigeria

KBRI di Nigeria tepatnya di Abuja juga turut memeriahkan acara Kartini. Warga Indonesia yang tinggal di sana memperingati Kartini dengan menggelar acara kuliner khas Indonesia yang diselingi dengan pertunjukan seni khas Indonesia juga.

 

8. Mesir

Perayaan emansipasi wanita juga sampai di Mesir, lho! Mengangkat tema yang berbeda tiap tahun, beberapa kegiatan dilakukan untuk menunjukkan kreativitas wanita dalam berbagai bidang terutama seni. Beberapa perlombaan dibuat seperti merangkai bunga dan kreasi menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini.

 

9. Yunani

Acara seru yang dibuat KBRI Yunani adalah mengadakan serangkaian acara dengan menginap di kota tua Yunani yaitu Olympia. Selain memperingati hari lahir Kartini, acara itu juga diselenggarakan untuk memperkenalkan bangunan bersejarah di Yunani kepada warna Indonesia yang tinggal di sana.

 

10. Singapura

Beberapa tahun lalu, Singapura juga sempat memperingati Hari Kartini dengan menggelar kegiatan bertemakan kesehatan wanita di Singapore General Hospital. Selain membahas soal kesehatan, acara ini juga memotivasi wanita Indonesia dan wanita mana pun untuk terus meningkatkan kualitas diri seperti Kartini.

 

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×