Sering Duduk di Lantai? Ternyata Menyehatkan Lho Bukan Pertanda Susah!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:20 WIB
Makan sambil duduk di lantai (pinterest.com)

CewekBanget.ID - Banyak dari kita yang sepanjang hari menghabiskan waktu duduk di kursi, sofa atau bahkan tempat tidur, terutama di masa pandemi ini.

Namun, ada pula banyak orang yang memilih duduk di lantai, entah karena hal tersebut jadi gaya hidup, bagian dari budaya, atau karena keterbatasan fasilitas seperti enggak adanya kursi untuk duduk dengan semestinya.

Tetapi, terlepas dari motifnya, duduk di lantai ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan, terutama bagi orang-orang yang terlalu banyak duduk di kursi.

Baca Juga: Jangan Tidur di Lantai! Ini Bahayanya Bagi Tubuh dan Kesehatan Kita

Manfaat Duduk di Lantai

Duduk di lantai

Tanpa dukungan kursi, duduk di lantai memaksa kita mengencangkan otot inti untuk mempertahankan stabilitas atau keseimbangan.

Selain itu, kalau duduk di kursi dalam waktu lama bisa membuat pinggul kencang dan kaku, kita dapat dengan mudah meregangkan fleksor pinggul ketika kita duduk di lantai.

Posisi duduk di lantai juga memungkinkan kita untuk meregangkan otot-otot tubuh bagian bawah sehingga mobilitas tubuh pun akan lebih baik.

Kemudian, beberapa posisi ketika duduk di lantai seperti berlutut atau jongkok adalah posisi istirahat yang aktif, artinya posisi-posisi tersebut membutuhkan lebih banyak aktivitas otot, daripada duduk di kursi.

Efek Samping