Panic Attack di Tempat Umum, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 18 Maret 2021 | 19:15 WIB
stres (huffingtonpost.com)

CewekBanget.ID - Kepanikan bisa tiba-tiba menyerang di mana saja dan kapan saja bagi sebagian orang.

Serangan panik atau panic attack mungkin enggak menjadi kesulitan besar apabila terjadi di rumah atau di sekitar orang yang memahami kondisi kita.

Tapi lain halnya kalau serangan panik terjadi di ruang publik atau tempat umum, ketika kita dikelilingi orang-orang dan lingkungan yang enggak kita kenal baik.

Tentu kita enggak dapat dengan mudah melakukan tindakan untuk mengatasi serangan panik saat sedang mengalaminya sendiri, tapi paling enggak beberapa metode berikut ini bisa kita ingat-ingat agar dapat segera dilakukan begitu kita merasakan serangan panik di tempat umum.

Baca Juga: Gejala Mirip, Apa Bedanya Antara Anxiety Attack dan Panic Attack?

Bawa 'Perangkat Penenang'

Ilustrasi Minyak Esensial

Kalau kita menyadari betapa rentannya kita terserang panik di ruang publik, kita dapat mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk dengan membawa 'perangkat penenang' dari rumah.

Perangkat tersebut bisa berupa minyak esensial, kalung atau gelang manik-manik untuk digenggam, tulisan-tulisan yang menguatkan, permen, atau apa saja yang mungkin dapat membantu kita mengatasi rasa panik.

Biasanya peralatan yang dimaksud dapat menenangkan dan membuat kita lebih mudah bernapas, serta tetap terhubung dengan waktu saat ini.