Sulit Menerima Pujian dan 4 Tanda Kita Mengalami Imposter Syndrome!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 12:20 WIB
Ilustrasi imposter syndrome (foto : tvN via Hancinema)

CewekBanget.ID - Apakah kita memiliki kepercayaan diri yang rendah, sering menyalahkan diri sendiri, dan merasa diri kita enggak pantas bahagia?

Atau kita mungkin tampak baik-baik saja dan berkecukupan, tapi merasa orang lain bakal membenci kita setelah mengetahui diri kita yang sebenarnya.

Sebetulnya perasaan seperti itu wajar muncul sesekali dalam hidup, tapi kalau sudah terlalu sering hingga membuat kita merasa diri kita sendiri adalah musuh dan kita enggak pernah puas terhadap diri sendiri, mungkin kita mengalami imposter syndrome.

Sindrom ini terjadi ketika kita meragukan kemampuan diri kita sendiri dan merasa pencapaian kita selama ini lebih merupakan hasil keberuntungan atau pemberian orang lain alih-alih berkat kerja keras kita sendiri.

Kalau sudah terlalu jauh, hal ini dapat menyebabkan insecurity dan mengganggu kehidupan kita.

Apa saja sih, tanda yang mungkin menunjukkan bahwa kita mengalami imposter syndrome?

Baca Juga: Apa Itu Impostor Syndrome yang Dialami Seo Dal Mi di 'Start-Up'?

Sulit Menerima Pujian

Saat dipuji atau diapresiasi oleh orang lain, apakah kita bereaksi dengan menolak pujian tersebut, atau bahkan merasa takut dan marah?

Kesulitan menerima pujian bisa jadi merupakan gejala kita mengalami imposter syndrome.

Soalnya, kita merasa segala hal yang kita lakukan enggak pantas dipuji, atau kita merasa keberhasilan kita merupakan pemberian dari orang lain.

Jadi kata-kata sanjungan terhadap keberhasilan kita justru terdengar seperti sesuatu yang menyakitkan.