7 Hal Buruk Ini akan Terjadi pada Tubuh Kalau Jarang Makan Sayur!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 16 Juni 2022 | 12:12 WIB
Ilustrasi jarang makan sayur (Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng)

CewekBanget.ID - Untuk menjaga tubuh agar senantiasa tetap sehat, kita memang dianjurkan untuk rutin makan buah dan sayuran tiap hari.

Namun enggak bisa dipungkiri, enggak sedikit dari kita yang mengalami kesulitan untuk mengonsumsi sayur dan memilih mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Mungkin makanan yang mengandung micin, makanan yang digoreng, atau makanan pedas terasa lebih lezat di lidah, namun kalau enggak diimbangi dengan makan sayur dan buah ini bisa jadi bumerang buat tubuh kita!

Pengin tahu hal buruk apa aja yang bisa terjadi pada tubuh kalau kita jarang mengonsumsi sayur?

Langsung kepoin penjelasannya di bawah ini seperti yang dilansir dari The Healthy melalui Nova.ID!

Baca Juga: Sehat Sih, Tapi 4 Sayur Ini Bisa Jadi Racun Kalau Salah Mengolahnya!

1. Meningkatkan risiko kanker

Menurut American Institute for Cancer Research (AICR), pola makan yang dipenuhi dengan makanan nabati dapat membantu menurunkan risiko kanker.

"Antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, dan karotenoid dapat mengurangi risiko kanker dengan melindungi sel sehat dari radikal bebas," kata Laura Moore, RD, ahli diet yang terdaftar di University of Texas Health Science Center di Houston School of Public Health.

"Karotenoid (pigmen termasuk beta-karoten, yang dapat ditemukan dalam bayam, sayuran berdaun gelap lainnya, buah oranye tua, ubi jalar, labu, dan wortel) dapat melindungi kita dari kerusakan sel dan telah dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah," sambungnya.

2. Menyebabkan masalah pencernaan

Tanpa buah dan sayuran, kita lebih rentan terhadap penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, dan divertikulosis.