Ini Tanda Kadar Kortisol Kita Lagi Tinggi. Jangan Sampai Stres Kronis!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 30 Maret 2023 | 11:56 WIB
Stres (citizentv.co.ke)

CewekBanget.IDKortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang berperan penting dalam respons stres tubuh.

Yoshinao Katsu dan Taisen Iguchi dalam bukunya "Handbook of Hormones" menjelaskan kalau kortisol sebagai hormon stres karena dilepaskan sebagai respons terhadap stres fisik atau emosional.

Faktanya, kortisol memainkan beberapa peran penting dalam tubuh.

Kortisol membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan produksi glukosa di hati, yang memberi tubuh pasokan energi yang konstan selama periode stres.

Selain itu, kortisol juga berperan dalam respon kekebalan tubuh dan dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dengan membatasi peradangan.

Baca Juga: 5 Penyebab Susah Tidur Meski Ngantuk dan Capek Banget. Karena Stres?

Hormon kortisol juga mengatur metabolisme tubuh dengan mengontrol penggunaan lemak dan protein tubuh untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Tingkat kortisol secara alami berfluktuasi sepanjang hari, dengan tingkat yang lebih tinggi di pagi hari dan lebih rendah di malam hari.

Namun, stres kronis bisa menyebabkan tingkat kortisol yang tinggi secara konsisten, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Seperti apa tanda kortisol tinggi dalam tubuh? Melansir Health Digest, yuk kepoin tanda-tandanya di bawah ini!

Tanda Kadar Kortisol Tinggi

Salah satu tanda paling umum dari kortisol tinggi adalah penambahan berat badan.