Remaja Pejuang Jerawat Harus Lakukan 5 Hal Ini Biar Enggak Stres

By Indah Permata Sari, Jumat, 29 September 2023 | 09:50 WIB
Ilustrasi pejuang jerawat (foto : freepik.com)

CewekBanget.ID - Jadi pejuang jerawat memang bukan hal yang mudah yaa, girls.

Apalagi kita yang masih remaja pasti struggling menjadi seorang pejuang jerawat.

Karena akan ada kekhawatiran apakah jerawat ini akan terus ada di wajah kita dan enggak bisa hilang sampai dewasa nanti.

Jerawat di wajah memang mungkin sulit dihindari, tapi bukan berarti harus kita abaikan juga.

Pusing dengan segala macam cara mengatasi jerawat memang bisa bikin kita stres. Atau bahkan stres itu sendiri yang jadi penyebab kita jerawatan!

Karena faktanya, melansir laman usdermatologypartners.com, saat stres menguras energi kita, maka tubuh akan mengirimkan sumber dayanya ke area yang lebih penting dalam fungsi organ dan respon imun.

Sel-sel kulit kita enggak akan berubah dengan cepat, jerawat atau gejolak kulit enggak akan hilang dengan cepat, dan biasanya kita membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyembuhan.

Masih melansir laman yang sama, lonjakan adrenalin yang disebabkan oleh stres bisa menghilangkan kelembapan kulit karena tujuannya untuk mencegah dehidrasi dalam tubuh.

Tapi di saat yang sama juga, kulit kita jadi kering sehingga kulit akan memproduksi minyak sebum lebih banyak untuk menggantikan kelembapan pada kulit yang hilang.

Produksi minyak ini lah yang bikin pori-pori lebih mudah tersumbat sehingga menyebabkan banyak jerawat terutama buat kita yang memang mudah berjerawat.

Sederhananya, saat stres kandungan air di tubuh kita akan lebih banyak berada di dalam tubuh dibandingkan di kulit karena ada pencegahan dehidrasi tadi dari sistem tubuh.

Baca Juga: Enggak Sama, Gini 4 Cara Tepat Mengatasi Jerawat Bernanah yang Gatal