Manfaat Minuman Kolagen Bisa untuk Kesehatan Kulit dan Diet Sekaligus

By Indah Permata Sari, Minggu, 24 Desember 2023 | 19:10 WIB
Ilustrasi minuman kolagen (foto : freepik.com)

CewekBanget.ID - Minuman kolagen jadi salah satu produk yang banyak dikenal dan populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Dipercaya memiliki banyak manfaat, minuman kolagen pun mulai banyak beredar di pasaran dengan target konsumen dari berbagai kalangan usia.

Kita yang masih remaja pun bisa mengonsumsi minuman kolagen asal dengan dosis yang cukup dan enggak berlebihan.

Sebelum kita mengenal lebih jauh soal manfaat dari minuman kolagen, kita cari tahu dulu yuk apa yang dimaksud dengan kolagen.

Apa itu kolagen?

Melansir laman halodoc.com, kolagen adalah protein struktural utama dalam jaringan manusia yang banyak ditemukan di kulit, rambut, kuku, tendon, tulang rawan, dan juga tulang.

Nah kolagen ini sebenarnya secara alami diproduksi oleh tubuh kita dengan menggunakan asam amino.

Di mana asam amino ini berasal dari makanan yang kaya akan protein atau kolagen, contohnya seperti daging, ikan, atau juga kaldu tulang.

Tapi perlu dicatat nih, bertambahnya usia kita akan membuat tubuh jadi berkurang kemampuannya dalam memproduksi kolagen.

Apalagi kalau lifestyle kita buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, bahkan risiko yang kita hadapi setiap hari, yaitu terpapar sinar matahari.

Sehingga kita yang masih remaja pun sebenarnya disarankan juga menyeimbangkan asupan kita dengan makanan yang mengandung kolagen.

Baca Juga: Awet Muda, Gini 5 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen di Kulit Wajah