3 Penyakit Akibat Kebanyakan Makan saat Lebaran, Secukupnya Aja!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Selasa, 9 April 2024 | 19:55 WIB
Ilustrasi sakit saat lebaran (Shutterstock)

CewekBanget.ID - Setelah berpuasa sebulan penuh, biasanya napsu makan kita bakal susah banget untuk dibendung saat hari lebaran tiba.

Namun perlu diperhatikan, girls! Kalap makan saat lebaran enggak cuma memicu berat badan naik, tapi juga beberapa gangguan kesehatan tertentu, lho!

Berikut penyakit yang bisa disebabkan karena kalap makan saat lebaran. Makan sewajarnya aja, ya!

Baca Juga: 5 Cara Bikin Jerawat Cepat Kempis Sebelum Lebaran. Bye Breakout!

1. Sakit tenggorokan dan batuk pilek

Setelah lebaran, biasanya rentan banget timbul penyakit yang terkait dengan makanan dan minuman.

Hal inilah yang dikatakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof Dr David S Perdanakusuma, seperti yang diberitakan Kompas.com, 23 Mei 2020 lalu.

Salah satu yang sering dikeluhkan, yaitu  penyakit yang terkait tenggorokan dan kesulitan menelan, serta munculnya batuk dan pilek.

Hal tersebut bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis dan dingin seperti es sirup, es buah, es kolang-kaling, dan kue manis.

"Karena daya tahan lokal akan menurun sehingga kumpulan bakteri dan virus di rongga mulut dan saluran nafas atas akan menimbulkan peradangan lokal," ujar Prof David.

2. Gangguan saluran pencernaan

Selanjutnya, gangguan pada saluran pencernaan juga dapat muncul lantaran terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.