Wajib Tahu! 6 Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Sistem Reproduksi Cewek

By Sintia Astarina, Selasa, 16 Januari 2018 | 12:40 WIB
(sumber: kompas.com) (Sintia Astarina)

Sel kanker dapat tumbuh hampir di setiap bagian tubuh. Enggak terkecuali di sistem reproduksi cewek. Selain kanker serviks, ternyata ada banyak jenis kanker lainnya yang perlu diwaspadai.

Seperti dikutip Kompas.com dari Medical Daily, seenggaknya ada enam jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi cewek.

Bca juga: (Ini yang harus kita pahami soal kanker serviks)

Kanker rahim bisa terdapat di lapisan dalam rahim, yaitu bagian sel yang memproduksi lendir dan cairan lainnya ataupun di jaringan luar rahim. Menurut Mayo Clinic, kanker rahim yang juga dikenal dengan kanker endometrium (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim) yang ditemukan sejak dini dapat meningkatkan harapan hidup pasien. Gejala kanker rahim antara lain perdarahan di vagina meski enggak sedang haid atau sudah menopause dan nyeri panggul. Salah satu prosedur mengatasi kanker ini ialah dengan pengangkatan rahim agar sel kanker enggak menyebar ke organ lainnya.

(Baca juga: kisah inspiratif cewek yang menderita kanker)

Kanker serviks atau leher rahim adalah jenis kanker yang paling umum. Kanker ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Virus ini bisa menular melalui hubungan seksual. Selain menyebabkan kanker serviks, HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin. Gejala kanker ini antara lain perdarahan abnormal, nyeri di daerah panggul, dan kembung.

(Baca juga: drama Korea dengan tokoh menderita kanker dan penyakit ganas)

Setiap cewek memiliki dua indung telur atau ovarium yang memproduksi sel telur dan juga hormon.

Sel kanker pun ternyata bisa menyerang bagian penting sistem reproduksi cewek ini. Menurut American Cancer Society, kanker ovarium merupakan penyebab kelima kematian akibat kanker pada cewek.