Berbahaya! Ini Dia 10 Virus Penyakit Paling Mematikan di Dunia

By Ifnur Hikmah, Minggu, 25 Februari 2018 | 07:30 WIB
5 Kondisi Bibir Bermasalah yang Bisa Mendeteksi Penyakit. Wajib Tahu, Nih! (Ifnur Hikmah)

Bicara soal virus penyebab penyakit, mungkin kita menanggap kalau virus HIV atau virus Zika sebagai virus paling mematikan. Ternyata, ini salah besar, girls.

Virus sendiri merupakan sejenis parasite berukuran mikroskopik yang mampu menginfeksi sel organisme. Virus ini hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup, sehingga dia memanfaatkan makhluk hidup untuk berkembang biak.

Karena berbahaya, yuk cari tahu 10 virus penyakit paling mematikan di dunia.

(Baca juga: selain kedokteran, ini jurusan kuliah terbaik untuk anak IPA)

Demam berdarah adalah penyakit yang selalu masuk 10 penyakit berbahaya di dunia. Terutama di daerah tropis.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk, demam berdarah bisa terjadi pada 50 sampai 100 juta orang dalam setahun. Bahkan ada dua miliar orang yang tinggal di negara tropis terancam demam berdarah.

Virus KFD adalah virus yang ditemukan di hutan pantai barat daya India pada tahun 1955. Virus ini ditularkan oleh kutu dan menurut para ilmuwan, mereka sulit menemukan siapa yang menyebarkannya.

Tapi mereka mengasumsikan hewan-hewan seperti tikus, burung, dan babi menjadi kandidat paling besar penyebar virus ini. Jika terinfeksi virus ini, penderita akan mengalami demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri otot bahkan menyebabkan pendarahan.

(Baca juga: menurut ilmu pengetahuan, ternyata posisi tidur bisa mengatur mimpi, lho!)