Jangan Terlalu Senang Saat Berat Badan Cepat Turun, Bisa Jadi Kita Kena Masalah Ini

By Istihanah, Kamis, 19 Juli 2018 | 14:00 WIB
Berat Badan Cepat Turun ()

Ketika kita sedang menjalankan diet, kita pasti ingin berat badan cepat turun ya, girls!

Namun, kalau berat badan kita turun dalam waktu yang singkat sebaiknya kita jangan senang dulu. Karena bisa jadi ada masalah yang timbul dalam diri kita jika berat badan turun dalam waktu singkat.

Yuk, simak penjelasan mengenai masalah yang timbul saat berat badan kita turun drastis.

(Baca juga : Pengin Menurunkan Berat Badan? Hindari Makan 8 Buah-Buahan Ini)

Kehilangan otot bukan lemak  

Kebanyakan orang berpendapat salah satu cara menurunkan berat badan dengan cara mengurangi jumlah kaloru yang dikonsumsi setiap hari. Kedengarannya memang masuk akal, tetap tetapi setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda dan membutuhkan perawatan yang berbeda agar bekerja optimal. Menurut Mayo Clinic, mengurangi asupan kalori terlalu banyak, tubuh tidak akan punya pilihan selain lemak, seperti otot yang hilang.

Kehilangan gizi

Bahaya lainnya saat melakukan diet ketat dan ekstrim adalah malnutrisi. Menurut Healthline, ketika kita mengurangi asupan kalori secara signifikan, mendapatkan cukup zat besi, folat, vitamin D dan vitamin B12 sangat sulit. Hal ini dpat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius dalam waktu dekat atau jauh.

(Baca juga : Konsumsi 7 Karbohidrat Ini yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan)

Tubuh dehidrasi

Tubuh kita setiap hari harus memiliki asupan yang seimbang, termasuk cairan. Baik yang masuk maupun keluar. Jika kita terlalu menguras air karena alasan ingin menurunkan berat badan, itu menjadi masalah besar.

Lelah Sepanjang Hari