CewekBanget.ID – Berjualan online kini menjadi salah satu cara berbisnis yang relatif menguntungkan. Selain enggak perlu modal besar, saat ini masyarakat juga lebih suka berbelanja secara online, sehingga peluang kamu mendapatkan pelanggan cukup besar.
Menurut riset berjudul “Digital 2023 Indonesia” yang dilakukan oleh We Are Social, ada sekitar 178 juta masyarakat Indonesia yang berbelanja online pada 2022. Jumlah itu meningkat 20 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara itu, riset oleh Google dan Temasek pada 2023 juga menunjukkan bahwa 82 persen konsumen berencana meningkatkan atau setidaknya mempertahankan penggunaan e-commerce untuk berbelanja online.
Meski punya peluang besar, pelaku bisnis juga tetap perlu merancang strategi penjualan dan bujet pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat.
Baca Juga: Ide Bisnis Buat Para Mahasiswa yang Simple Tapi Menguntungkan!
Sebagai inspirasi, kamu bisa meniru strategi pemasaran yang dilakukan oleh tiga brand lokal yang sukses mengembangkan bisnis online mereka. Tiga brand tersebut adalah ESQA, ZOYA, dan SAFF and Co. Ini strategi yang mereka terapkan.
ESQA Cosmetics
ESQA Cosmetics merupakan brand kecantikan pertama di Indonesia yang mengusung produk kosmetik berbahan ramah vegan.
Dalam mengembangkan bisnisnya secara online, ESQA menerapkan strategi omnichannel, yaitu menggunakan banyak saluran untuk memperluas jangkauan produk ke banyak kota di seluruh Indonesia.
Adapun strategi tersebut diterapkan dengan memanfaatkan platform e-commerce Tokopedia, tepatnya melalui unit bisnis Tokopedia di bidang periklanan digital, yaitu Tokopedia Marketing Solutions.
Baca Juga: Enggak Ikut Tren Korea, Jacquelle Kolab dengan Disney dan Spy x Family
“Tokopedia Marketing Solutions melengkapi expertise di bidang periklanan dengan kemampuan eksekusi meyakinkan. Hal ini memungkinkan ESQA fokus pada pengembangan produk dan strategi jangka panjang,” ungkap Chief Product Officer ESQA Cosmetics, Kezia Trihatmanto.
Agar produk dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna, misalnya, ESQA memanfaatkan fitur beriklan di Tokopedia, seperti TopAds, Broadcast Chat, Notifications Ads, Search-Autocomplete atau beriklan di fitur pencarian, Tokopedia Display Network, dan TikTok Dynamic Showcase.
ESQA juga berpartisipasi dalam kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia edisi Februari untuk mempromosikan rangkaian produk favoritnya, seperti cushion, lip gloss, dan liquid concealer dengan promo hingga 60 persen.
“Berkat seluruh inovasi pemasaran yang dilakukan ESQA melalui Tokopedia, ESQA pun berhasil meningkatkan pendapatan hingga 146 persen dan pesanan sebesar 59 persen dengan return on ads spent (RoAS) mencapai 2,75 kali,” lanjut Kezia.
Baca Juga: Siap Nonton Konser Tahun Ini? Yuk, Tampil On-Point dengan Trik Make-up Ini
ZOYA
Selanjutnya, brand lokal yang berhasil mengembangkan bisnis di tengah persaingan ketat bisnis online adalah ZOYA. Walaupun sudah memiliki target pasar offline yang tinggi, ZOYA juga berusaha melebarkan sayap bisnis hingga ke ranah online.
Sama seperti ESQA, ZOYA juga menginvestasikan pemasaran produk bersama Tokopedia Marketing Solutions.
“Tokopedia dengan jutaan pengguna wanita dan reputasi kuat di kategori fashion menjadi marketplace yang tepat untuk memasarkan produk kami,” kata founder sekaligus owner ZOYA, Feny Mustafa.
Selama bergabung di Tokopedia, kata Feny, pihaknya telah memanfaatkan fitur untuk optimasi iklan, seperti TopAds, Tokopedia Display Network, Broadcast Chat, dan Notification Ads. ZOYA pun mendapatkan RoAS enam kali lipat berkat fitur-fitur tersebut.
Baca Juga: Youth Choice Award 2022 Ungkap Merek Pilihan Gen Z, Tokopedia Rajai Kategori e-Commerce
Selain itu, ZOYA juga mengikuti berbagai kampanye yang diselenggarakan Tokopedia. Pada kuartal 1 2023, ZOYA berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 71 persen dan pesanan sebesar 42 persen setelah berpartisipasi pada kampanye Waktu Indonesia Belanja, Gopay Kebut, serta Women in Style.
“Strategi marketing dan optimalisasi penggunaan iklan dari Tokopedia Marketing Solutions membuat kami terhubung dengan profil konsumen yang tepat dan mencapai pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan,” kata Feny.
SAFF and Co
SAFF and Co memiliki strategi pemasaran yang cukup unik. Brand parfum lokal yang sedang naik daun ini mengombinasikan kekuatan produk, strategic partnership, dan pemaksimalan potensi e-commerce dalam mengembangkan bisnisnya.
Untuk membuat produknya unik, SAFF and Co menawarkan parfum dengan aroma yang tahan lama dan kemasan yang travel-friendly. Sedangkan untuk memperkuat branding, SAFF and Co menjalin co-branding dengan brand minuman ternama, Chatime, dan meluncurkan parfum kolaborasi bernama OSTARA.
Produk OSTARA diluncurkan secara eksklusif di Tokopedia. Berkat dukungan fitur optimasi iklan dari Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds, SAFF and Co berhasil meningkatkan penjualan sebesar 218 persen.
Pendapatan SAFF and Co pun meningkat drastis hingga 178 persen. Investasi iklan tersebut juga dapat dikatakan efektif karena brand memperoleh RoAS hingga 6,1 kali lipat.
“Melalui Tokopedia Marketing Solutions, kami mampu meningkatkan efektivitas pemasaran kami, sehingga kami dapat menawarkan produk kepada orang yang tepat, dengan penawaran yang tepat dan pada waktu yang tepat,” ujar co-founder SAFF and Co, Santi Tan.
Melihat hasil penjualan yang positif tersebut, SAFF and Co pun berencana akan melakukan kolaborasi peluncuran produk lainnnya secara eksklusif bersama Tokopedia dan Tokopedia Marketing Solutions.
Baca Juga: Berkat Marketplace, 2 Brand Kecantikan Lokal Ini Berhasil Bersaing dengan Brand Ternama
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi menambahkan, dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat, pelaku bisnis juga perlu fokus pada efisiensi, metrik kesuksesan, dan role yang jelas.
“Tokopedia Marketing Solutions berkomitmen untuk membantu pelaku-pelaku bisnis tersebut mencapai tujuan promosi dengan menyediakan solusi pemasaran menyeluruh, efektif, dan efisien agar mereka dapat mengembangkan bisnis secara berkelanjutan,” kata Edwin. (**CM/YUS)
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |
KOMENTAR