Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Jadi Susah Tidur!

By Elizabeth Nada, Rabu, 23 Januari 2019 | 23:18 WIB
Tidur (sleepsugar.com)

Cewekbanget.id - Sering mengalami susah tidur, girls? Hal tersebut mungkin terjadi karena kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang enggak kita sadari ternyata menjadi penyebab kita susah tidur, lho!

Jarang disadari, ternyata kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan ini membuat kita susah tidur. Apa saja? Ini dia ulasannya, girls!

Baca Juga : Model Kebaya Ala 6 Anak Seleb Indonesia yang Cocok Buat Outfit Kondangan!

1. Minum kopi terlalu banyak

Kita salah satu penggemar berat kopi? Kebiasaan minum kopi terlalu banyak dan mendekati jam tidur, justru akan membuat kita susah tidur, lho.

Otak kita memproduksi senyawa adenosin yang berfungsi memperlambat aktivitas syaraf dan membuat kita jadi mengantuk. Biasanya senyawa ini diproduksi menjelang sore hari supaya tubuh bisa beristirahat di malam hari.

minum kopi

Nah..kerja senyawa tersebut bisa terganggu karena kafein pada kopi, yang membuat otak tidak mendeteksi adenosin. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre di Herley Street yang dilansir dari Huffington Post.

Jadinya, otak justru memberikan 'sinyal' untuk terus beraktivitas. Itulah yang membuat kita jadi susah tidur setelah minum kopi menjelang tidur atau terlalu banyak minum kopi.