Mimpi Terjatuh, Lalu Tersentak Terbangun? Awas, Ini 4 Penyebabnya!

By Marcella Oktania, Senin, 13 Juli 2020 | 20:00 WIB
Halusinasi hipnagogik atau mimpi terjatuh saat tidur (sleepadvisor.com)

CewekBanget.ID - Kita pasti setidaknya pernah sekali merasakan mimpi terjatuh yang sangat nyata, yang membuat kita akhirnya terbangun kaget dengan jantung berdebar-debar.

Ada sebagian orang yang bisa langsung kembali tertidur lagi, tapi ada pula sebagian orang yang malah memikirkan mimpi tersebut berulang-ulang, ketakutan.

Namun sebenarnya mimpi terjatuh saat tidur, lalu terbangun itu sangat umum dialami banyak orang, lho!

Itu tandanya kita lagi merasakan halusinasi hipnagogik atau hypnagogic jerk!

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Penyebab Kematian Saat Tidur yang Paling Umum Terjadi!

Apa itu halusinasi hipnagogik?

Dilansir dari The Journal, halusinasi hipnagogik adalah ketika otot tubuh kita berkedut secara enggak sadar dan enggak diinginkan.

Biasanya terjadi ketika otot kita sudah rileks untuk tertidur, tapi otak kita masih aktif dan enggak bisa mengimbangi otot kita untuk ikutan terlelap dan rileks.

Alhasil, otak malah mengirimkan sinyal bahaya ke seluruh tubuh, biar kita enggak bisa tertidur dan bisa waspada.

Walaupun enggak diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya halusinasi hipnagogik pada manusia, tapi dikutip dari Healthline, 4 hal ini bisa jadi penyebabnya, lho!

Terlalu capek

Ilustrasi sakit

Ketika terlalu capek, entah secara pikiran atau tubuh, biasanya otak bakalan masih tetap berjalan sebagai efek karena belum bisa berhenti. dari pekerjaan yang baru aja kita lakukan.

Alhasil, otak bakalan ;membangunkan' kita dengan cara halusinasi hipnagogik, nih.

Ini juga bisa berarti rasa capek yang kita rasakan sudah kelewat batas dan tubuh bakalan sakit. Jadi wajib banget rileks dan ambil waktu untuk istirahat sebanyak-banyak, deh!