Waspada Tanda-tanda Stres Ini dan Ketahui Cara Menghilangkannya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 19 September 2020 | 14:10 WIB
Drama 'When My Love Blooms' (foto : tvN via Hancinema)

CewekBanget.ID - Tertekan atau stres sebenarnya adalah kondisi yang normal.

Namun, jika stres yang terakumulasi enggak kunjung diatasi, tentu dapat mengganggu kesehatan mental maupun fisik.

Makanya, kita mesti mengenali tanda stres dan cara menghilangkannya agar lebih sehat dan bahagia, girls.

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Ampuh Menghilangkan Stres. Harus Dilakukan Teratur!

Stres

Hampir semua orang pernah mengalami stres, yang merupakan reaksi psikologis ketika menghadapi tekanan.

Penyebabnya beragam, bisa dari tuntutan pekerjaan maupun studi, kehilangan pekerjaan atau di-PHK, menghadapi kemacetan setiap hari, kurang tidur, tagihan bulanan, dan sebagainya.

Stres juga tetap bisa menyerang kita meski sedang enggak banyak aktivitas, terlebih jika kondisi emosional enggak stabil.

Dilansir dari Healthline, stres terjadi ketika hormon-hormon tubuh, khususnya adrenalin dan kortisol, melonjak sebagai respon dari ancaman dan tantangan.

Ibarat fenomena gunung es, stres yang enggak dikelola dengan baik malah rentan memicu melakukan banyak kesalahan dan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, antara lain memperburuk mood atau suasana hati, sulit mengontrol emosi, memicu penyakit kronis seperti kanker, sakit paru-paru, hati, gangguan mental dan kecemasan, dan memengaruhi berat badan.

Selain itu, stres juga dapat memicu rambut rontok, menurunkan kadar testosteron dan libido seksual pada laki-laki, gangguan perkembangan janin bagi ibu hamil, merusak gigi dan gusi, menaikkan tekanan darah, stroke, dan serangan jantung, penuaan dini seperti menambah kerutan, melemahkan otot, menurunkan daya penglihatan, hingga melemahkan sistem imun.

Gejala stres yang paling mudah dikenali adalah ketika tubuh akan memberikan sinyal.